oleh

Toleransi Beragama, Sekda Kota Madiun Hadiri Misa Natal

Sekda Maidi Hadiri perayaan natal (diskominfo)

Madiun, Jurnaljatim.com

Toleransi penting untuk menjalin kerukunan antar umat beragama. Pemkot Madiun getol mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan rasa toleransi diberbagai kesempatan. Seperti saat perayaan Natal tahun ini.
Sekda Kota Madiun Maidi mengimbau masyarakat untuk turut menghargai dan menghormati masyarakat Nasrani yang sedang merayakan hari besar Agamanya.
‘’Pada hakekatnya manusia itu sama di hadapan penciptanya. Harus saling menghormati. Saling menghargai,’’ kata Sekda Maidi saat menghadiri Misa Natal di Gereja Pantekosta Tabernakel Kelurahan Nambangan Lor, Minggu (24/12/2017).
Perbedaan, kata beliau, merupakan hal wajar. Bahkan, perbedaan diciptakan Tuhan YME. Buktinya, ada laki-laki ada perempuan. Ada siang, ada malam. Ada yang berkulit putih ada juga yang hitam.
Perbedaan tidak perlu dijadikan alasan untuk saling merasa benar. Paling hebat di antara yang lain. Sebaliknya, perbedaan harus diartikan sebagai kekayaan. Keanekaragaman yang saling mengisi dan melengkapi.
‘’Memegang keyakinan penting. Tetapi jangan sampai mengesampingkan kerukunan, ketertiban, dan keamanan di masyarakat. Beri kesempatan yang merayakan hari besar (agama) masing-masing. Kalau perlu bantu mereka. Bukankah dalam agama selalu diajarkan untuk saling tolong menolong,’’ imbuh beliau.
Kerukunan, lanjut beliau, bakal memberikan banyak manfaat. Mulai ketentraman dalam menjalani hidup hingga pembangunan yang dapat berjalan optimal. Kerukunan penting untuk menciptakan keamanan suatu daerah. Dengan kondisi aman, kata sekda, semua jadi mudah. Mulai pendidikan, kesehatan, peningkatan perekonomian, dan pembangunan.
‘’Ini dapat berjalan optimal kalau kondisi dan situasi daerah aman. Masyarakat harus mendukung itu karena keamanan merupakan tanggung jawab bersama,’’ pungkas beliau.
Dalam sambutannya, Sekda Maidi tak lupa mengucapkan selamat Natal kepada masyarakat Kota Madiun yang merayakan. Semoga semua mendapat keberkahan dari Tuhan YME. (diskominfo/jur)

Komentar