Festival Banjari Hotel Syariah di Jombang, 45 Grup Rebana se Jatim Tampil Berebut Juara

Jombang, Jurnal Jatim – Al-Banjari merupakan jenis musik religi rebana yang sangat diminati para kawula muda. Terbukti banyak tim rebana yang ikut acara festival banjari di di Jombang.

Panitia mencatat ada 45 grup selawat rebana yang menjadi peserta festival banjari. Jumlah itu melebihi target yang ditentukan, yakni target awal 40 peserta.

Festival banjari tersebut diselenggarakan Green Red Hotel Syariah Jombang, berlokasi di Jl Soekarno-Hatta, Jajar, Kepuhkembeng, Peterongan, Minggu (28//2024).

“Target awal peserta festival banjari ini 40 tim, tapi yang mengikuti 45 tim,” kata ketua panitia festival Banjari, M Andi Basofi didampingi pantia lainnya, Eka Wing.

Lantaran peserta membludak, event bernafas islami selama satu hari itu pun berlangsung meriah, mulai , mahasiswa sampai masyarakat umum ikut meramaikan festival tersebut.

“Ketentuan tiap tim beranggotakan sepuluh orang. Jadi total seluruh peserta ada 450 orang,” kata Andi melanjutkan.

Festival Banjari Hotel Syariah di Jombang, 45 Grup Rebana se Jatim Tampil Berebut Juara

Adapun peserta berasal dari berbagai daerah di . Di antaranya dari Jombang, Kediri, Nganjuk hingga Malang. Setiap peserta tampil 10 menit, menampilkan dua lagu, satu jingle untuk hotel dan lagu bebas.

“Ada tiga orang tim juri profesional yang menjadi penilai dalam Festival Al Banjari ini. Tim juri ini akan menilai adab, vokal sama kekompakan peserta,” ujarnya.

Hotel syariah di Jombang ini memang kerap menyelenggarakan acara bernuansa religius. Antara lain lomba qiroah, adzan, Pildacil dan kali ini banjari.

Pubblic relations Green Red Syariah Hotel Jombang ini pun menyebut bahwa event itu menggandeng berbagai pihak, di antaranya Ikatan Pelajar Nahdatul (IPNU) wilayah setempat.

“Acara ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun green red hotel Syariah yang kelima bertema extravaganza,” ucapnya.

Peserta terbaik akan mendapatkan piagam berupa tropi, , uang tunai serta parcel dari green red hotel syariah. Sementara kategori juara yaitu juara terbaik 1, 2, 3, harapan satu serta Best Jingle.

“Juara pertama mendapatkan uang Rp20 juta, juara dua Rp1,5 juta, lalu juara tiga Rp1 juta, lalu ada juara harapan serta 1 grup untuk best jingle,” tambah Eka Wing.

General Manager Green Red Hotel Jombang, Riyadi Saputra mengucapakan terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung acara itu, terutama masyarakat yang antusias mengikutinya.

Ia berharap festival banjari tahun ini dapat memberikan kesempatan generasi-generasi pecinta sholawat untuk menyalurkan bakat dengan menampilkan kemampuannya dalam acara festival Banjari itu.

“Semoga menjadi positif bagi sebagai sarana dakwah kekinian yang diakulturasikan dengan terdahulu,” ujarnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .