Cara Pemkab Jombang Tekan Inflasi, Operasi Pasar Dan Dirikan Besut.Id

, Jurnal – Selain gencar murah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang juga mendirikan Besut.Id guna menekan laju inflasi di daerah.

Pada operasi Pasar disiapkan 2 ton SPHP dengan harga Rp10.200 per kilogram, dan Minyakita pouch 120 liter dengan harga Rp15.000.

Sementara Besut.id adalah toko di pasar untuk menjual barang pokok sesuai harga eceran tertinggi (HET).

BESUT.ID memiliki 6 bedhak yang tersebar masing-masing di Pasar Peterongan, Pasar Ngoro, Pasar Blimbing, Pasar Bareng, Pasar Sumobito dan Pasar Pon.

Toko Besut.Id atau bedhak stabilisasi untuk tekan inflasi daerah diinisiasi oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jombang.

“Warung TPID bernama Besut.Id telah resmi beroperasi mulai melayani pembeli,” kata Penjabat (Pj) Bupati Jombang saat melaunching Besut.Id di Pasar Pon, Jumat (23/2/2024).

Sugiat menegaskan, Besut.id menjual beras SPHP pemerintah sesuai HET. Selain para , masyarakat juga bisa membeli langsung di warung TPID tersebut.

“Besut.Id dengan harga eceran Rp10.900 untuk beras SPHP,” tegas Sugiat.

Kepada para pedagang beras, Sugiat meminta untuk komitmen menjual SPHP sesuai HET yakni Rp10.900.

“Ini adalah beras bantuan, beras yang bersubsidi, saya harap Bapak dan Ibu sekalian menjual sesuai dengan kesepakatan, yakni Rp10.900,” ucap kepala BIN Daerah Sulawesi Barat ini.

Upaya menekan inflasi ini, Pemkab Jombang bekerjasama dengan Perumda Aneka Usaha Seger, dan Bulog (badan urusan logistik).

Meski sektor perdagangan di Perumda Aneka Usaha Seger masih tergolong baru berjalan pada akhir 2022, tetapi harapannya dengan adanya SK penunjukan itu, dapat berkontribusi besar dalam mengendalikan inflasi di Kabupaten Jombang.

“Selain itu, kami juga berharap Perumda Aneka Usaha Seger dapat terus berkontribusi meningkatkan kinerja dan profitnya supaya maslahat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) nya terus meningkat dari tahun ke tahun,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.