Bawaslu Kediri Sosialisasi Pengawasan Kampanye Pemilu 2024 di Media

, Jurnal Jatim – Bawaslu Kabupaten Kediri sosialisasi pengawasan pemilu 2024 melalui metode iklan media cetak, elektronik dan .

Pengawasan dilakukan dengan upaya persuasif melalui pendekatan masyarakat agar pemilu mendatang terbebas dari bohong atau hoax.

Sosialisasi dilaksanakan di salah satu Hotel di wilayah Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, mengusung tema “Kepatuhan Lembaga Penyiaran Terhadap Ketentuan Penyiaran Iklan Kampanye Pemilu”.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri, Saifudin Zuhri, menjelaskan, sosialisasi mendatangkan komisioner KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah) Jatim sebagai narasumber.

“Harapan kami, dengan sosialisasi ini, kawan media bisa mengetahui aturan yang harus dipatuhi serta ditaati,” kata Saifudin Zuhri.

Selain itu, media bisa mengetahui peraturan tata cara beriklan kampanye seperti menghindari berita , sara dan yang lainnya.

Saifudin Zuhri mengemukakan, tahapan kampanye untuk pengiklanan di media massa, cetak, elektronik dan daring dimulai Minggu 21 Januari 2024 hingga 10 Februari 2024.

“Mulai dari Capres dan Cawapres, Caleg hingga calon DPD RI sudah bisa berkampanye memasang iklan di media. Namun harus mentaati aturan yang ada,” katanya.

Sementara, Kordinator bidang Pengawasan isi Siaran KPID , Sundari, yang menjadi nara sumber dalam sosialisasi tersebut menegaskan ada gugus tugas yang anggotanya dari KPU, Bawaslu dan KPID.

Adapun tugasnya adalah melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pada pemberitaan, penyiaran dan iklan pada masa sosialisasi peserta Pemilihan pada tahapan kampanye Pemilu di Pemilu tahun 2024.

Divisi Pencegahan Bawaslu Kabupaten Kediri Siswo Budi Santoso menjelaskan media sosial menjadi salah satu tantangan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Bebasnya penggunaan medsos untuk berkampanye, tentunya menimbulkan kerawanan.

Ada beberapa indikator pemetaan kerawanan isu strategis akibat penggunaan media sosial, seperti adanya manteri kampanye yang bermuatan SARA di grup WhatsApp maupun .

Dapatkan update berita menarik hanya di , Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com