Prestasi Tuban di Porprov VIII Jatim 2023 Merosot, Kinerja Disparbudpora Dievaluasi

, Tuban Aditya Halindra Faridzky bakal evaluasi kinerja Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) yang dijabat oleh Muhammad Emawan Putra.

Evaluasi itu terkait menurunnya kontingen Tuban di ajang Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur 2023.

Tuban pada Porprov VIII tahun ini hanya di peringkat ke-13 dari 38 kota atau kabupaten se-Jatim dengan 130 poin yang mendapatkan 12 medali emas, 23 perak, dan 36 perunggu.

Sementara pada tahun sebelumnya berada diperingkat 12 dengan mengumpulkan 139 poin dengan total 70 medali. Rinciannya, 16 emas, 21 perak, dan 33 perunggu.

“Kami akan lakukan evaluasi khususnya kepada Dinas Parbudpora agar nantinya bisa di breakdown kepada cabor-cabor (cabang olahraga) yang ada,” kata Aditya Halindra Faridzky, usia sidang paripurna di gedung setempat, Rabu (27/9/2023).

Ia mengatakan, Porprov VIII Jatim tahun ini kontingen Tuban menurunkan sejumlah cabor-cabor yang dulunya tidak ikut bertanding. Termasuk juga memberikan kesempatan kepada para atlet muda agar kedepannya bisa maksimal lagi.

“Cabor-cabor saat ini kita cenderungnya memberikan kesempatan kepada atlet-atlet muda. Sehingga investasi tahun depan biar bisa lebih maksimal,” ujarnya.

Selain itu, orang nomor satu di itu mengaku jika prestasi kontingen Tuban turun bukan karena masalah . Sebab, dirinya menyampaikan anggaran yang digunakan untuk mengikuti cukup tinggi.

Tidak tanggung-tanggung, anggaran yang dikucurkan untuk mengikuti ajang Porprov VIII Jawa Timur 2023 lebih dari Rp3,2 miliar.

“Kalau anggarannya lebih banyak. Bisa dicek. Kalau anggaran tidak ada penurunan, kalau di tahun ini malah lebih tinggi,” ucapnya.

Namun, anggaran miliaran rupiah itu belum mampu mendongkrak prestasi kontingen Tuban di event tersebut tetapi malah turun.

Kendati demikian, Linda sapaan belum mau menyebut faktor utama pemicu prestasi Tuban merosot di event dua tahunan itu. Sebab, masih menunggu hasil evaluasi yang masih berjalan.

“Harus kita evaluasi lebih detail, kenapa terjadi seperti ini. Tapi kalau dibilang penurunan, gak penurunan signifikan,” jelas dia.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.