Gencar Operasi Pasar, Harga Beras Masih Rp 11.000 di Pasaran Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Harga beras di pedagang pasar tradisional di Jombang hingga kini masih bertahan Rp11.000 per kilogram meski pemerintah setempat tengah gencar melakukan operasi pasar.

Pedagang beras di Pasar Citra Niaga Jombang Sugandi mengungkapkan hingga mendekati pertengahan belum ada penurunan harga beras.

Ia menyenut, untuk beras medium masih kisaran Rp11.000 per kilogram, sementara untuk beras premium di harga Rp12.500 per kilogram.

“Harga beras tetap tidak ada perubahan,” kata Sugandi saat dihubungi via pesan .

Sugandi merinci kenaikan beras terjadi sejak awal Maret 2023. Awalnya harga Rp10.000 per kilogram, naik Rp10.500 per kilogram dan terakhir di harga Rp11.000 per kilogram, bertahan sampai awal April 2023.

Kalaupun sudah ada operasi pasar yang dilakukan oleh pihak perindustrian dan Jombang, namun masih belum mengalami tren penurunan dari harga sekarang.

”Kalau melihat harganya tetap Rp11.000 ya masih belum efektif,” kata Sugandi.

Sementara itu, hampir semua tempat di wilayah Jawa Timur menjadi sasaran operasi pasar untuk mengendalikan potensi kenaikan harga beras.

”Di Jombang harga beras tertinggi nomor 5 di Jawa Timur dengan harga Rp 10.800 per Kg untuk beras medium,” ujar Perindustrian dan Perdagangan Suwignyo kepada , Minggu (2/4/2023).

Pihaknya merencanakan operasi pasar akan dilakukan terus menerus, bahkan jika tidak ada halangan akan dilakukan sampai mendekati Hati Raya Idulfitri 1444 H.

”Kalau bisa nanti menjelang lebaran. Tapi kalau sudah ya dihentikan,” kata Suwignyo.

Bahkan Suwignyo memastikan jika ada tim yang sudah melakukan operasi pasar sejak awal Bulan . Beberapa titik telah menjadi sasaran operasi, di antaranya pasar Ngoro, Blimbing dan Mojowarno.

”Kemarin juga sudah koordinasi dengan OPD lain. Ini memang masih belum panen raya. Sementara apabila masih tinggi operasi pasar akan dilakukan,” terang mantan Camat Ploso Jombang ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com