Semarak Hari Santri Nasional 2024 di Jombang, Ada Lomba Baca Kitab Kuning

Jombang, – Beragam acara digelar oleh PCNU Jombang untuk menyemarakkan hari santri nasional  2024. Di antaranya lomba baca kitab kuning. Lomba ini masuk event Santri Fest 2024 yang digelar mulai 17 hingga 26 Oktober 2024 di lapangan Gus Dur, Tebuireng.

Ketua PCNU Jombang KH. Fahmi Amrullah Hadziq membuka langsung rangkaian acara saat itu. Kiai Fahmi mengatakan peringatan Hari Santri Nasional 2024 mengusung tema “Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan”.

Sejumlah agenda telah disiapkan untuk memperingati Hari Santri Nasional 2024 di daerah para pendiri Nahdlatul (NU). Rangkaian acara tersebut dilaksanakan PCNU Jombang melibatkan beberapa lembaga sebagai pelaksana.

Terkait gelaran santri fest yang di dalamnya diramaikan dengan berbagai acara, Gus Fahmi sapaan akrabnya berharap bisa mendukung upaya pengembangan umat, penguatan karakter dan daya saing santri, serta pengembangan potensi pelajar dan santri.

“Harapan PCNU Jombang, semoga kegiatan yang dilaksanakan bisa memberi manfaat, baik kepada warga NU maupun kepada masyarakat pada umumnya,” ujarnya, saat itu.

Ketua Panitia Santri Fest 2024, Muhammad Imdad mengungkapkan, Santri Fest 2024 juga dilaksanakan Pameran dan Bazar yang diikuti oleh lebih dari 30 mikro.

“Di arena Santri Fest 2024, Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) berkolaborasi dengan Lakpesdam dan LP Ma’arif PCNU Jombang,” kata ketua LDNU Jombang ini.

Kerja sama itu menyiapkan sejumlah agenda untuk menyemarakkan gelaran santri fest, sekaligus menyemarakkan peringatan Hari Santri Nasional 2024.

Adapun gelaran acara yang dilaksanakan di arena Santri Fest, yakni penampilan Band Religi yang telah dilaksanakan Kamis 17 Oktober lalu. Kemudian festival singer religi pada Jumat dan  Sabtu, 18-19 Oktober.

Berikutnya, Festival Al Banjari Tingkat SMA. Acara ini dilaksanakan pada Minggu dan Senin, 20-21 Oktober. Lalu dilanjutkan pada Selasa 22 Oktober dengan acara Final Paduan Suara Guru.

Hari berikutnya, Rabu 23 Oktober Jam’iyyah (JRA). Kemudian Lomba Nadhom pada Kamis 24 Oktober dan Lomba Baca Kitab Kuning, dilaksanakan Jumat 25 Oktober.

“Pengumuman pemenang lomba dan penutupan Santri Fest 2024, dilaksanakan pada Sabtu 26 Oktober,” kata Imdad.

Ia mengatakan Santri Fest 2024 merupakan hajatan PCNU Jombang dalam peringatan Hari Santri Nasional 2024. Adapun dalam pelaksanaannya, ditangani dan diselenggarakan LDNU, LP Ma’arif dan Lakpesdam PCNU Jombang.

Selain kolaborasi Lembaga-lembaga di lingkungan PCNU Jombang, Santri Fest 2024 juga mendapat dukungan dari berbagai pihak. Dukungan tersebut, salah satunya dari Kementerian Kabupaten Jombang. Antara lain memfasilitasi piagam bagi peserta festival dan lomba digelar di arena Santri Fest 2024 maupun piagam dan piala bagi para pemenang.

Kepala Kantor Kemenag Jombang Muhajir, menyampaikan apresiasi terhadap gelaran Santri Fest 2024. Dia berharap, kolaborasi Kemenag dan PCNU Jombang serta Lembaga-lembaga di dalamnyaa berkesinambungan.

“Harapan kami ke depannya bisa lebih maksimal dan berkesinambungan,” ujar dia.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com.