Mundjidah dan Civitas Akademika Bahas Inovasi Pendidikan di Jombang

Jombang, – Selain ulama, pesantren, civitas akademika juga harus dilibatkan dalam membangun Kabupaten Jombang. Hal itu disampaikan Calon Bupati Jombang nomor urut 1 Mundjidah Wahab saat diskusi dengan para civitas akademika, Jumat (4/10/2024) tadi malam.

Sebanyak perwakilan di Jombang hadir pada forum itu, yaitu Universitas Darul Ulum (Undar), Universitas PGRI, STIKES , UNWAHA, UNHASY, ITEBIS PGRI Dewantara dan STIKES Bahrul Ulum.

Menurut putri pendiri NU KH Abdul ini, Jombang banyak orang hebat, pegangannya adalah spiritualitas dan ilmu.

“Ini menjadi kunci Jombang,” kata Bupati Jombang periode 2018-2023 ini.

Mundjidah juga membahas beasiswa perguruan tinggi. “Beasiswa perguruan tinggi memang harus ada di Jombang, bisa nanti dibebankan APBD, maupun dan beberapa jaringan perguruan tinggi,” ujarnya.

Selain membuka ruang beasiswa, perguruan tinggi dianggap mampu memberikan sumbangsih pemikiran memunculkan potensi dan memupuk sumberdaya manusia (SDM) yang ada di Kota Santri.

“Civitas akademika ini dari perguruan tinggi swasta, ini membahas bagaimana caranya anak kurang mampu tetap bisa sampai perguruan tinggi, pengembangan SDM desa, potensi pemikiran dosen ini mampu membantu Kabupaten Jombang,” katanya.

Ia menyebut, selama 5 tahun belakangan, civitas akademika selalu dilibatkan dalam membangun Jombang.

“Mereka sudah merasakan, bertahun-tahun menjadi dosen baru jamannya Mundjidah dan Sumrambah mereka dilibatkan,” tuturnya.

Dikatakan Mundjidah, kemajuan wilayah kuncinya ada di sumber daya manusia, ketika SDM bagus semuanya pasti bagus, termasuk terciptanya desa mandiri.

“Membangun Jombang dengan dua perspektif, desa mandiri, kalau desa mandiri sudah baik insyaallah yang lain-lain juga baik, kuncinya ada di SDM,” kata salah satu pengasuh Ponpes Bahrul Ulum ini.

Dia mencontohkan adanya potensi wisata religi di Kota Santri, ia meyakini bisa membentuk karakter yang kuat berawal dari SDM yang unggul dan mumpuni.

“Jombang itu karakternya harus lebih kuat lagi, dengan adanya wisata religi sesuai dengan icon Jombang, bagaimana caranya wisata religi ini kita buat karakter yang kuat dan lebih menarik, fasilitasnya lebih lengkap,” tandas mantan Bupati perempuan pertama di Jombang ini.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com. No tags for this post.