Gus Hans, Aktivis Pesantren dari Jombang Pendamping Risma di Pilkada Jatim 2024

Jombang, Jurnal dan Zahrul Azhar Asumta atau akrabnya telah mendaftarkan diri di KPU Jatim untuk mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah Jawa Timur ( Jatim) 2024.

Risma yang merupakan sosial mendaftarkan diri sebagai calon gubernur, sedangkan Gus Hans calon wakil gubernur.

Gus Hans adalah pesantren. Dia lahir di Jombang 23 Maret 1976 dari pasangan suami istri KH As’ad Umar dan Hj Azah As’ad pendiri Pondok Pesantren (ponpes) Darul Ulum Jombang.

Tumbuh dalam keluarga Nahdliyin, membuat Gus Hans memiliki posisi penting dalam dunia santri sebagai Sekjen Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN).

Gus Hans pernah menjadi Ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Jatim peiode 2014-2018.

Ia juga yang melanjutkan kepemimpinan ayahnya sebagai pengasuh Pondok Pesantren Queen Al Azhar Darul Ulum, Peterongan, Jombang. Gus Hans jufa Wakil .

Ayah dari tiga orang anak tersebut pernah menjadi juru bicara tim kampanye pasangan Khofifah Indar Parawansa dan . Kemampuan politiknya kala itu berhasil membawa Khofifah dan Emil menang dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Pada Pemilihan Walikota (Pilwali) Surabaya 2020 lalu, Gus Hans menjadi kader yang dipilih Golkar untuk maju sebagai bakal calon wali .

Meski langkahnya harus terhenti pada momen Pilwali itu, Gus Hans kembali mendapat kesempatan pada Pilkada tahun ini untuk maju sebagai bakal calon bupati Jombang.

Namun, wakil ketua DPD Golkar Jawa Timur yang awalnya membidik calon wakil bupati Jombang itu ternyata dipinang oleh Risma sebagai pendamping Pilgub Jatim 2024.

“Baru kemarin, 9 jam lalu (kami berkomunikasi). Saya ditelpon Bu Risma sekitar jam 8, baru kemudian dihubungi Pak Hasto (Sekjend PDIP),” kata Gus Hans usai mengurus kelengkapan bakal calon wakil gubernur di PN Jombang, Kamis (29/8/2024).

Gus Hans menambahkan bahwa dirinya menerima pinangan Risma karena baginya ini momen tepat untuk bisa turut andil lebih aktif lagi mengagregasi yang ada di pikiran untuk kebaikan masyarakat Jawa Timur.

“Saya melihat ini bisa jadi momen yang tepat juga bisa andil lebih aktif lagi mengagregasi apa yang ada di pikiran untuk kebaikan masyarakat Jawa Timur,” ujarnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com.