Satu Jemaah Haji Asal Jombang Sedang Berjuang Kembali ke Tanah Air, Mohon Doanya!

Jombang, Jurnal Jatim – Seorang jemaah haji asal Kabupaten Jombang Debarkasi tengah berjuang untuk kembali ke air, .

Jemaah itu bernama Muhammad Chisom Sali Amirjo. Ia masih tertinggal di Arab Saudi karena harus menjalani perawatan intensif di sakit akibat sakit yang dideritanya.

Perjuangan Muhammad Chisom melawan penyakit yang dideritanya itu dibenarkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang Muhajir.

Muhammad Chisom belum bisa pulang ke Tanah Air bersama rombongannya karena masih dirawat di rumah sakit Madinah, Arab Saudi.

”Kita doakan mudah mudahan lekas sehat dan layak terbang,” kata Muhajir, Kamis (11/7/2024).

Chisom merupakan jemaah Dusun Sambisari, Desa Sambirejo Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang tergabung kloter 61. Ia didiagnosa menderita serangan dan pneunomia.

“Saat ini beliau sedang menjalani perawatan di rumah sakit Madinah. Sekarang lagi diperiksa dokter maskapai, mudah-mudahan sehat dan layak terbang,” ujarnya.

Secara keseluruhan, jumlah jemaah haji asal Kabupaten Jombang pada musim haji tahun 2024 sebanyak 1.163 orang. Ribuan jemaah itu tergabung kloter 61,62,63 dan 64.

Rombongan haji asal Jombang itu sudah kembali ke Tanah Air dan tiba di kabupaten Jombang secara bergelombang pada Selasa dan Rabu, 9 -10 Juli 2024.

Kepulangan rombongan jemaah disambut Pj Bupati Jombang Sugiat bersama forkopimda dan Kemenag Jombang.

Muhajir mengatakan, dari total 1.168 jemaah haji regular, ada 1.163 yang sudah kembali. Empat di antaranya dilaporkan . Dan satu orang masih di rawat di RS Madinah, yaitu Muhammad Chisom.

Adapun empat jemaah yang dunia yakni Dewi Aminah Solikin, (86) warga Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, dilaporkan meninggal setelah mengalami sesak nafas, Minggu 16 Juni 2024.

Kemudian Saeman Tarban (72) warga Klampisan, Desa Tondowulan, Kecamatan Plandaan. Lalu, Djafar Achmad Sofyan (77) warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang. Keduanya, meninggal pada Senin 24 Juni 2024.

Serta Sukirah (62), Jemaah haji asal Desa Kepatihan Jombang meninggal dunia saat dalam perjalanan pulang ke Jombang pada Selasa 9 Juli 2024.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com