Satu Jemaah Calon Haji Asal Jombang Meninggal Dunia di Makkah, Ini Penyebabnya

Jombang,   – Seorang jemaah calon  (calhaj) asal Kabupaten Jombang Jawa Timur bernama Dewi Aminah Solikin di Suci Makkah.

Dewi Aminah Solikin merupakan jemaah asal Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Jombang. Tergabung kloter 64 dengan Kota Mojokerto dan yang berangkat 2 tiba di Arab Saudi 29 Mei 2024.

“Almarhumah dilaporkan meninggal dunia Minggu (16/6/2024) sekitar pukul 16.40 waktu setempat,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian () Jombang, Ilham Rohim kepada Jurnaljatim.com, Senin (17/6/2024).

Dia menjelaskan Dewi yang merupakan salah satu jemaah lanjut usia (lansia) meninggal dunia di usia 86 tahun karena sakit.

“Meninggal di Rumah Sakit Al Noor Specialis Hospital, Mekkah, setelah mengalami badan lemas, sesak napas dan mendapatkan perawatan medis beberapa hari,” ujarnya.

Kronologi sebelum meninggal, pada 12 Juni 2024 jam 21.00 waktu setempat, jemaah cenderung tidur, badan sangat lemas hingga tidak kuat berdiri dan kaki bengkak.

“Jemaah malas makan dan minum kurang lebih satu minggu. Perut terasa kenyang dan di rumah makannya juga sedikit. Sehari trakhir badan sangat lemas sampai tidak kuat berjalan,” ujarnya.

Kemudian dilakukan terapi infus konsul KKHI advis pro.  Lalu pada pukul 23.00 WAS Dewi dirujuk ke rumah sakit Al Noor.

Di rumah sakit tersebut, Dewi dilakukan pemeriksaan laboratorium, CT Scan, Ro Thorax, ECG dan di diagnosa pneumonia, pleura empiema dan hiponatremi.

“Pada 14 Juni info dari RS Al Noor kondisi jemaah gelisah dan ada masalah di cardiac-nya dan masuk ruang ICU. Kemudian 16 Juni pukul 15.40 jemaah dinyatakan meninggal dunia,” katanya.

haji jemaah Dewi sudah dibadalkan. Kemenag Jombang menyampaikan turut berduka atas wafatnya Dewi. Ilham berharap yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.

“Semoga amal dan ibadah almarhumah ibu Dewi Aminah Solikin diterima Allah SWT,” kata Ilham menutup.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com