Kemenag Hadirkan Ribuan Calon Haji Jombang Proyeksi Berangkat 2025, Ini Tujuannya

, Jurnal – Selama dua hari sejumlah ribuan Jombang proyeksi keberangkatan 2025 dan 2026 dihadirkan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat pada acara Sapa Jemaah Haji dalam Waiting List atau disingkat Sajada Wali.

Tujuan mereka dihadirkan di aula adalah untuk menyiapkan kesiapan calon haji proyeksi berangkat 2025 dari segi maupun dokumen-dokumen keimigrasian.

Turut diundang sebagai narasumber dalam acara Sajada Wali dari Dinas Kesehatan () setempat dan Kantor Imigrasi.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan (PHU) Kemenag Jombang Ilham Rohim menyampaikan dasar Sajada Wali adalah UU Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

“Peserta yang hadir sebanyak 1.342 terbagi menjadi dua sesi, yaitu 664 orang di tanggal 10 Juni, dan 678 orang di tanggal 11 Juni,” ujar Ilham, Selasa (11/6/2024).

Ilham juga mengungkapkan, calon haji akan menerima berbagai pelayanan dan saat mengikuti Sajada Wali tersebut.

“Tujuan Sajada Wali ini adalah memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan bagi Jemaah haji sehingga dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan syariat,” ujarnya.

Selain itu, tujuannya adalah mewujudkan kemandirian dan ketahanan dalam penyelenggaraan ibadah haji.

“Calon haji juga mendapatkan informasi pelaksanaan ibadah haji, informasi Kesehatan haji, informasi dokumen haji khusunya paspor,” katanya.

Ilham mengemukakan untuk memudahkan komunikasi dan penyampaian informasi, Ilham menyebut pihaknya telah membuat grup whatsapp Jemaah haji yang masuk waiting list. “Sehingga semua informasi disampaikan melalui grup tersebut,” ujarnya.

Senada disampaikan Kepala Kemenag Jombang Muhajir. Menurut dia Kemenag juga ingin menyiapkan terkait dengan ilmunya melalui Bimbingan Sepanjang Tahun secara gratis yang telah berjalan mulai 2023 lalu.

“Mudah-mudahan agenda-agenda yang dilakukan Kemenag Jombang bisa dilaksanakan dengan baik dan bisa mengantarkan kita semua menjadi haji yang mabrur, ,” katanya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com