Jemaah Haji asal Jombang Meninggal di Tanah Suci Bertambah Jadi 3 Orang, Ini Identitasnya

Jombang, – Jemaah  asal Jombang Jawa Timur yang meninggal di Suci Makkah, Arab Saudi, bertambah 2 orang sehingga totalnya menjadi 3 orang.

“Ya, ada dua orang jemaah yang wafat di Makkah, keduanya dari kloter 63,'' ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Jombang, Ilham Rohim, Rabu (26/6/2024).

Berdasarkan laporan yang diterima Kemenag Jombang, identitas dua orang jemaah yang meninggal bernama Saeman Tarban (72), Dusun Klampisan, Tondowulan, Plandaan dan Djafar Achmad Sofyan (77) warga Dusun Tambakrejo, Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang.

Saeman dinyatakan meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan di salah satu sakit yang ada di Makkah pada Senin (24/06) pukul 15.15 waktu Arab Saudi.

“Almarhum meninggal dengan keluhan lemas dan sesak nafas,” ujarnya.

Kemudian Djafar dinyatakan meninggal pada Senin (24/6/2024) pukul 16.20 WIB. Djafar sempat dirujuk ke rumah sakit Arab Saudi karena sesak nafas, batuk, pneumoni dan DM T2.

“Sebelum meninggal sempat dirujuk ke ICU di Rumah sakit Makkah. Wafat dengan keluhan sesak nafas. Keduanya dimakamkan di pemakaman umum Syaraya Mekkah,” ujar.

Dikatakan Ilham, kedua jemaah tersebut meninggal setelah menjalani puncak dan bersiap menuju Madinah.

”Keduanya sudah selesai menjalani puncak haji,'' tandas mantan Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan tersebut.

Satu orang jemaah haji sebelumnya yang meninggal atas nama Dewi Aminah Solikin warga Desa Mayangan, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang.

Dewi Aminah dilaporkan meninggal dunia di rumah sakit pada Minggu (16/6/2024) sekitar pukul 16.40 waktu setempat. Ibadah haji jemaah Dewi sudah dibadalkan.

Kantor Kemenag Jombang menyampaikan turut berduka atas wafatnya para jemaah haji saat menunaikan rukun Islam kelima. Ilham berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.

“Semoga amal dan ibadah almarhumah ibu Dewi Aminah Solikin diterima Allah SWT,” kata Ilham.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com