Imbauan Penting dari Kemenag Jombang Soal Tawaran Haji Tanpa Antrean, Jangan Tergiur!

Jombang, Jurnal Jatim – Marak biro-biro perjalanan umrah dan haji menawarkan keberangkatan haji tanpa menunggu antrean, apalagi dengan selain visa haji yang sangat berisiko bagi jemaah.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jombang Muhajir mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan waspada serta tidak tergiur.

Imbauan penting itu disampaikan Muhajir saat Sapa dalam Waiting List (Sajada Wali), Selasa (11/6/2024) lalu.

Muhajir menceritakan banyak masyarakat yang menunaikan haji tapi tidak menggunakan visa haji yang akhirnya oleh Arab Saudi.

“Kalau sudah dideportasi, baru boleh masuk ke Mekkah setelah sepuluh tahun, kan malah rugi itu,” kata Muhajir.

Kemenag pun mengingatkan kalau ada iming-iming seperti itu agar tidak tergiur, apalagi biayanya mahal. “Kalau visanya bukan visa haji maka akan tertolak untuk menunaikan ibadah haji,” ujarnya.

Diakui Muhajir, minat orang berhaji sangat luar biasa. Tak heran sekarang ini ketika antrean haji itu panjang, seperti di Jawa Timur harus mengantre 35 tahun.

“ita banyak mendengar promosi di luar, dari biro-biro itu katanya agak nakal, yang menawarkan ke masyarakat umum agar melaksanakan ibadah umrah saja, dengan alasan sama-sama ke , dan kalau mendaftar haji antreannya sangat lama,” katanya.

Mantan kepala Kemenag Tulungagung ini menyampaikan Kemenag telah melakukan upaya-upaya agar ada percepatan berkaitan keberangkatan Jemaah haji.

Agama berupaya maksimal dengan melakukan komunikasi intensif dengan pemerintah Arab Saudi agar diberikan penambahan kuota.

Tercatat tahun 2023 mendapatkan tambahan 8 ribu jemaah, dan di tahun 2024 ini mendapatkan tambahan sebanyak 20 ribu jemaah haji.

“Dari kuota reguler yang seharusnya 221 ribu se-Indonesia, tahun ini dapat tambahan 20 ribu menjadi 241 ribu. Ini sesungguhnya adalah upaya-upaya yang dilakukan Kementerian Agama agar antrean haji tidak semakin panjang,” katanya.

Muhajir berharap seluruh Jemaah haji di Tahun 2025 bisa berangkat, sehat, aman, dan mabrur.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com