Bawaslu Kota Kediri Melantik 44 Panwaslu Pilkada 2024, Dua Kelurahan Masih Kosong

Kediri, Kota Kediri melantik dan membekali anggota Kelurahan se Kota Kediri untuk Pemilihan () tahun 2024.

Sebanyak 44 orang Panwaslu dilantik dan diambil sumpah di sebuah Hotel di Kota Kediri, Minggu (2/6/2024).

Panwaslu Kelurahan dihadiri oleh Komisioner KPU Kota Kediri, TNI dan Polri, Camat dan Kepala Kelurahan seKota Kediri serta anggota panwaslu yang baru dilantik.

Ketua Bawaslu Kota Kediri Yudi Agung Nugraha mengungkapkan pelantikan dan pembekalan anggota Panwaslu Kelurahan se Kota Kediri sebanyak 44 orang. Namun masih ada 2 Kelurahan yang masih kosong.

“Kita sudah mengajukan ke Bawaslu Provinsi untuk dilakukan rekrutmen ulang lagi di Kelurahan Balowerti dan Rejomulyo,” kata Yudi.

Ia menjelaskan, mereka (PKD) bertugas melakukan pengawasan masa dan pengawasan kinerja dari jajaran KPU serta semua aktivitas di masyarakat yang berhubungan dengan Pilkada

“Untuk anggota pengawas kelurahan setelah dilantik, masa kerja mulai awal Juni hingga Januari 2024 selama 8 bulan,” ujarnya.

Selain itu, masih kata Yudi, mereka juga akan melakukan pengawasan jalannya panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) dan membuat hasil pelaporan pengawasan yang merupakan bukti kerja dari pengawasan.

“Antisipasi pihak Bawaslu Kota Kediri dalam pengawasan jelang Pilkada nanti, bahwa kita lebih tekankan sinergitas . Artinya pengawasan itu tidak bisa dilakukan oleh PKD sendiri,” ujarnya.

Rekrutmen Panwaslu Kelurahan ini mengacu Undang-undang nomor 10 tahun 2016, untuk pelaksanaan diatur dalam juknis yang dikeluarkan .

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com.