Tuh Lihat, Beragam Tanda Khusus Pada Koper Jemaah Calon Haji Jombang

, Jurnal Jatim – Para jemaah calon Jombang memberi tanda khusus pada koper yang akan dibawa ke suci. Ada yang ditandai pita, boneka hingga .

Hal itu diketahui dari sejumlah jemaah yang mengumpulkan koper berisi berbagai keperluan selama di tanah suci di aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jombang Sabtu (25/5/2024).

Sebagaimana diketahui, mulai pukul 08.00 pagi tadi para keluarga dari kloter 61 dan 62 membawa koper dan diterima para petugas.

Sebagian besar koper diberi penanda khusus yang unik, seperti pita, gelas plastik, sandal, dan masih banyak lagi.

Kepala Kantor Kemenag Jombang Muhajir mengatakan tidak ada larangan memberi penanda koper selama tidak mengganggu.

“Sesungguhnya itu kan jemaah hanya ingin lebih menghafal terkait dengan tas koper yang mereka miliki karena kita lihat semuanya koper ini kan seragam, ada sarungnya warna merah putih,” katanya.

Jadi, menurut Muhajir, meskipun di tas itu sudah ada papan untuk penulisan nama, calon jemaah itu ingin agar mudah menemukan kopernya dengan memberi penanda seperti pita, sendal, dan sebagainya.

“Maka sesungguhnya ini diperbolehkan asal tidak mengganggu, tidak dipermasalahkan, tidak ada larangan,” ujarnya.

Ia menjelaskan benda-benda yang dilarang untuk dibawa antara lain senjata tajam, benda-benda cair melebihi 100 mililiter. Termasuk berat koper juga diatur untuk koper besar tidak lebih dari 20 kg saat berangkat dan 32 kg saat pulang ke tanah .

“Sedangkan koper kabin maksimal kg,” kata mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tulungagung ini.

Jumlah calon haji yang berangkat tahun ini sebanyak 1.174 orang. Mereka terbagi menjadi empat kloter, yaitu kloter 61, 62, 63 dan 64.

Seluruhnya akan berangkat ke Embarkasi (AHES) pada 27 Mei 2024 dari Pendopo Kabupaten Jombang, dan dijadwalkan terbang ke tanah suci pada 28 Mei 2024.

“Hari ini adalah pengumpulan koper untuk kloter 61 dan 62, sedangkan untuk kloter 63 dan 64 itu di tanggal 26 Mei,” pungkasnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com.