Balon Udara Jatuh Menimpa Rumah Warga Pacitan, Empat Orang Luka Bakar

Pacitan, Jurnal – Balon udara jatuh menimpa rumah warga Dusun Grogol, Desa Tahunan, Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Rabu (1/5/2024) pagi.

Insiden balon udara jatuh itu mengakibatkan empat orang mengalami luka bakar ringan. saat itu tengah menyelidiki peristiwa tersebut.

, , menjelaskan, balon udara itu turun ke bawah menimpa rumah warga sekitar pukul 08.30 WIB. Balon udara itu terbuat dari plastik bening.

“Balon udara turun dari atas dan meletus mengakibatkan empat orang mengalami luka bakar ringan,” ujar Agung, Rabu (1/5/2024).

yang mengalami luka bakar ringan adalah Marmin (45), Ivan Al Mutaqin (27), Sarmin (43), dan Mbah Katiyah (67). Mereka telah dibawa ke RSUD dr. Hardjono untuk mendapatkan perawatan medis.

Menurut Agung, balon udara itu diduga dibuat oleh seseorang dari luar Pacitan. Seperti diketahui tradisi menerbangkan balon udara kerap dilakukan di wilayah Ponorogo saat momen Lebaran.

“Balon udara terbawa angin sehingga tidak bisa dipastikan lokasi pembuatnya. Balon ini dibuat dari plastik bening dan kemungkinan dibuat dengan anggaran minim, memanfaatkan sisa balon dari momen Lebaran yang tidak sempat diterbangkan karena ketatnya pengawasan,” ujarnya.

Agung menegaskan penerbangan balon udara dapat membahayakan keselamatan masyarakat. Balon udara yang jatuh dan meletus dapat mengakibatkan , rumah, dan bahkan korban jiwa.

“Masih ada kemungkinan penerbangan balon udara oleh masyarakat saat momen Lebaran setiap tahun. Selain itu, adanya sponsor yang membiayai pembuatan balon udara juga perlu diwaspadai,” imbuhnya.

Untuk mencegah terulangnya kejadian serupa, Agung mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap keberadaan balon udara di wilayah masing-masing.

Saat ini, ditegaskan Agung, Pacitan tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan memeriksa sejumlah saksi.

Ia juga meminta Bhabinkamtibmas Polres Pacitan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan bersinergi dengan aparatur desa untuk mempercepat penanganan masalah di daerah terpencil.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .