Kawanan Monyet Liar Muncul di Dekat Permukiman Bikin Resah Warga Jombang

, Jurnal – Kawanan monyet liar muncul di dekat permukiman warga Desa Peterongan, Jombang, . Monyet-monyet tersebut bikin resah warga karena khawatir diserang, Kamis (18/4/2024).

Kawanan monyet liar yang menurut warga berjumlah mencapai sekitar tujuh ekor tersebut berkeliaran permukiman dengan cara berlarian di atas tembok, kemudian turun ke bawah jika situasi lengang.

Tak jauh dari monyet itu, terlihat sebuah pohon mangga. Sesekali monyet berupaya masuk ke dalam dahan pohon mangga kemudian naik ke tembok lagi.

Salah satu warga sekitar, Eni Sa'adah (53) mengatakan kawanan monyet liar itu terlihat di sekiran rumahnya sejak sebelum . Menurut Eni, monyet tersebut juga kerap turun ke bawah.

“Biasanya kalau ada warga yang memetik itu keluar semua,” kata Eni, Kamis (18/4/2024).

Meski tidak masuk ke dalam rumah, namun keberadaan kawanan monyet meresahkan karena dikhawatirkan menyerang warga dan memicu penularan penyakit rabies.

Karena itu, dirinya berharap petugas terkait lekas menangkap kawanan monyet liar tersebut sebelum terjadi kasus warga yang diserang

“Belum ada , namun dikhawatirkan masuk rumah, dan menyerang,” kata perempuan paruh baya tersebut.

Warga menduga kawanan monyet liar tersebut dari sebuah rumah yang lama kosong milik seorang cina yang lokasinya tidak jauh dari rumah Eni.

Anggota (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Jombang, Agung Setiawan mengatakan, pihaknya bersama tim relawan lansung ke lokasi untuk melakukan pengecekan kawanan monyet liar itu. “Hasilnya sempat ketemu namun lagi,” kata dia.

Dia menyebut, berdasarkan keterangan dari warga, ada tujuh ekor monyet. Puhaknya berupaya melakukan penangkapan bila kawanan monyet liar itu kembali terlihat di permukiman warga.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .