Kabar Baik dari BPJS Kesehatan Kediri untuk Peserta JKN Selama Libur Lebaran 2024, Begini

Kediri, Jurnal – Kabar baik dari  cabang Kediri untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama  2024.

Selama periode cuti bersama dan libur lebaran pada 8 hingga 15 April, BPJS Kesehatan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan oleh peserta JKN.

Komitmen ini mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kediri, Tutus Novita Dewi mengatakan memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.

Peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam satu bulan.

“BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat,” katanya, Rabu (20/3/3024).

Bagi yang mengakses layanan non-tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui , dapat dilayani dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan , layanan administrasi, dan layanan pengaduan.

“Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Mobile JKN,” ujarnya

Selain itu, BPJS Kesehatan juga menyiapkan Posko Mudik mulai 5 hingga 9 April 2024 dengan tujuan memberikan pelayanan kepada lebaran.

Lokasi posko mudik kesehatan tersebar di beberapa titik strategis antara lain di Terminal Purabaya di .

Posko itu menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, , penyediaan -obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan.

“Diharapkan masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan selama periode libur lebaran ini,” kata dia.

Tutus mengimbau bagi yang melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, dan usahakan tetap berolahraga ringan.

“Jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kepesertaan JKN kita semua aktif, sehingga saat hendak mengakses layanan di fasilitas kesehatan tidak terkendala,” imbau Tutus.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .