Sumur Tua Renggut Nyawa Wanita Lansia di Krembangan Jombang

Jombang, Krembangan Gudo, Jombang, Kamis siang (29/2/2024) dikejutkan adanya seorang wanita di dalam tidak terpakai.

Korban bernama Susilowati atau Suwati (62) warga setempat. Korban sudah dievakuasi oleh tim BPBD Jombang.

“Jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka untuk kemudian dimakamkan,” kata Katim Pusdalop BPBD Jombang Agus Kurniawan, di lokasi kejadian.

Agus menjelaskan proses evakuasi korban dari dalam sumur cukup sulit. Lingkaran sumur yang sempit membuat gerak petugas terbatas.

“Kedalaman sumur kira-kira 4 meter, bibir dari sumur 70 centimeter dan lebar sumur cuma 50 centimeter,” ujar Agus di lokasi.

Petugas mengevakuasi korban dengan cara turun ke sumur dengan badan diikat tali tampar. Ketika di bawah, kaki dan badan korban diikat tali.

Proses itu begitu cepat. Kemudian petugas kembali naik ke atas sumur dan setelah itu diangkat ke atas secara pelan-pelan.

“Posisi korban itu kepala di bawa dan kakinya ada di atas. Kita evakuasi dengan memakai alat rescue,” ujar Agus.

Peristiwa nyawa korban terenggut di sumur tua tersebut tidak ada yang pasti. Kepala Desa (Kades) Krembangan, Kusna, menyebut, kali pertama yang mengetahui adalah paman korban, Sugeng.

“Bisa saja (korban) terpeleset, kira-kira juga frustasi. Masih belum tahu sebabnya,” kata Kusna.

Dikatakan Kusna, korban belum pernah kawin, sehari-hari tinggal bersama Sang Paman. Sebelum kejadian, korban yang akrab dipanggil Suwati itu pergi ke belakang rumah untuk mencuci.

“Informasi dari keluarga, badan korban agak sakit, terus kemudian mencuci ke belakang sumur, tapi sebenarnya sumur itu sudah tidak dipakai, tertutup,” kata Kusna.

Kemudian sekitar pukul 13.00 WIB, Sugeng melihat tutup sumur di belakang rumahnya tersebut terbuka. Setelah dibuka, ternyata ada korban.

“Pamannya Pak Sugeng itu jam 1 baru tahu itu korban ada di dalam sumur. Posisinya kepala ada di bawah dan kaki di atas,” katanya.

Hasil pemeriksaan , disebut Sugeng, tidak ditemukan tanda-tanda luka bekas kekerasan yang menyebabkan kematian wanita lansia itu. Korban diduga karena di sumur.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .