Jelang Ramadan, Polres Kediri Kota Turun ke Pasar Tradisional, Nih Tujuannya

, – Tim satreskrim Polres Kediri Kota mulai turun ke sejumlah tradisional jelang datangnya Bulan 2024.

mengawasi adanya penyelewengan distribusi sebagai antisipasi terjadinya lonjakan harga pada bulan suci nanti.

Polisi bersama Satuan Tugas (Satgas) Pangan, intensif melakukan pengecekan ketersediaan bahan pangan di sejumlah pasar di Kota Kediri.

Kali ini Rabu (28/2/2024), Polisi bersama Satuan Tugas (Satgas) Pangan turun ke pasar Bandar, Mojoroto Kota Kediri, Jatim. Di sana, tim satgas pangan melibatkan Dinas perindustrian dan perdagangan melakukan pengecekan bahan pokok.

Kasatreskrim Polres Kediri Kota AKP Nova Indra Pratama menyenut aksi ini bagian dari strategi pencegahan dan pengendalian stabilitas harga bahan pangan di pasaran.

“Tujuannya untuk mengantisipasi gangguan ketersediaan bahan pokok jelang ramadan 2024,” katanya.

Adapun tujuan lain yakni untuk mengetahui ketersediaan bahan pokok, fluktuasi harga, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh pedagang dan pembeli.

“Pengecekan ketersediaan bahan pokok di pasar Bandar, masih cukup aman,” kata Nova, dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (28/2/2024).

Ia mengatakan hasil pemantauan di Pasar tradisional itu menunjukkan stok bahan pokok seperti masih aman dengan harga beras medium berkisar Rp 54.500 per 5 Kg, minyak, dan daging masih dalam batas aman.

“Kami bekerja sama dengan Disperindag Kota Kediri untuk melakukan terhadap distributor agar tidak terjadi dan penyelewengan distribusi,” tambahnya.

Nova juga menekankan komitmen Satgas Pangan Polres Kediri Kota untuk terus melakukan analisis dan evaluasi terkait bahan pokok.

Jika ditemukan kendala di lapangan, pihaknya berjanji akan segera mengambil langkah yang cepat dan tepat. Sejauh ini, dipastikan stok bahan pokok  masih cukup banyak dan terjamin.

Nova menambahkan, Satgas Pangan Polres Kediri Kota telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk distributor dan pedagang.

Kepolisian juga berkomitmen melakukan tindakan tegas sesuai hukum apabila ditemukan hal-hal yang dapat mengganggu ketersediaan pangan di Kediri.

“Kami memiliki Satgas Pangan Polres Kediri Kota akan terus melakukan pemantauan dan inspeksi di berbagai titik distribusi untuk memastikan bahwa pangan yang beredar aman dan berkualitas,” kata Nova menutup.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com