Cara Pemkab Jombang Tekan Inflasi, Operasi Pasar Dan Dirikan Besut.Id

Jombang, Jurnal – Selain gencar murah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang juga mendirikan toko Besut.Id guna menekan laju di daerah.

Pada operasi Pasar disiapkan 2 ton SPHP dengan harga Rp10.200 per kilogram, dan Minyakita pouch 120 liter dengan harga Rp15.000.

Sementara Besut.id adalah toko di pasar untuk menjual barang pokok sesuai harga eceran tertinggi (HET).

BESUT.ID memiliki 6 bedhak yang tersebar masing-masing di , Pasar Ngoro, Pasar Blimbing, Pasar Bareng, Pasar Sumobito dan Pasar Pon.

Toko Besut.Id atau bedhak stabilisasi untuk tekan  diinisiasi oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jombang.

“Warung TPID bernama Besut.Id telah resmi beroperasi mulai melayani pembeli,” kata Penjabat (Pj) Bupati Jombang Sugiat saat melaunching Besut.Id di Pasar Pon, Jumat (23/2/2024).

Sugiat menegaskan, Besut.id menjual beras SPHP pemerintah sesuai HET. Selain para pedagang, masyarakat juga bisa membeli langsung di warung TPID tersebut.

“Besut.Id dengan harga eceran Rp10.900 untuk beras SPHP,” tegas Sugiat.

Kepada para pedagang beras, Sugiat meminta untuk komitmen menjual harga beras SPHP sesuai HET yakni Rp10.900.

“Ini adalah beras , beras yang bersubsidi, saya harap Bapak dan Ibu sekalian menjual sesuai dengan kesepakatan, yakni Rp10.900,” ucap kepala Daerah Sulawesi Barat ini.

Upaya menekan inflasi ini, Pemkab Jombang bekerjasama dengan Seger, dan Bulog (badan urusan logistik).

Meski sektor perdagangan di Perumda Aneka Usaha Seger masih tergolong baru berjalan pada akhir 2022, tetapi harapannya dengan adanya SK penunjukan itu, perusahaan dapat berkontribusi besar dalam mengendalikan inflasi bahan pokok di Kabupaten Jombang.

“Selain itu, kami juga berharap Perumda Aneka Usaha Seger dapat terus berkontribusi meningkatkan kinerja dan profitnya supaya maslahat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) nya terus meningkat dari tahun ke tahun,” pungkasnya.

Dapatkan update menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.