Antusiasme Coblosan Pemilu 2024 di Dua TPS Lapas Jombang

Jombang, Jurnal Jatim (napi) Lapas Kelas II B Jombang antusias mengikuti coblosan 2024 yang dilaksanakan pada Rabu ini, (14/2/2024).

Kepala Lapas kelas IIB Kabupaten Jombang Jawa Timur, Margono mengatakan bahwa ada 304 napi yang memiliki hak suara di Lapas Jombang.

yang tercatat sebagai (Daftar Pemilih Tetap) sebanyak 304 orang,” kata Margono dalam keterangannya, Rabu (14/2/2024).

Ia mengatakan ada dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Lapas Jombang. Yakni TPS 901 dan TPS 902 dengan lokasi bersebelahan.

“2 TPS Lokasi Khusus (Loksus) di dalam Lapas Jombang disediakan untuk fasilitasi WBP menggunakan hak pilihnya. TPS 901 pemilihnya 157 orang dan TPS 902 sebanyak 147 orang,” katanya.

Adapun DPTb tercatat sebanyak 306 orang meliputi warga binaan, anggota , dan pegawai lapas yang menjadi petugas KPPS.

“Setidaknya ada 14 pegawai lapas yang menjadi petugas KPPS di dua TPS khusus di dalam Lapas,” katanya.

Menurut Margono, pencoblosan dilakukan sejak pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB. Sebelum pencoblosan, Lapas telah mempersiapkan dengan matang pelaksanaan Pemilu tersebut.

Hal itu sesuai dengan arahan Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur, Heni Yuwono bahwa Lapas dan berkomitmen untuk menciptakan (Pemilu) 2024 yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil (Luber Jurdil).

“Maka kami melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti KPU, Bawaslu, dan Dukcapil. Sedangkan kami berkoordinasi dengan Jombang serta Polres Jombang,” ujarnya.

Margono memastikan tidak ada intervensi terhadap penggunaan terhadap seluruh napi. Pihaknya, hanya mengimbau agar pemilik hak suara untuk bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani masing-masing.

“Saya melihat warga binaan sangat antusias dan Alhamdulillah pemilu di Lapas Kelas IIB Jombang terpantau aman dan kondusif. Kami mengimbau agar betul-betul menyalurkan aspirasi mereka sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebaikan bangsa,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com