Sekda Agus Purnomo Ingatkan Netralitas dan Integritas ASN Jombang Selama Pemilu 2024

Jombang, Agus Purnomo mengingatkan seluruh jajaran pemerintah setempat, instansi Vertikal, TNI/Polri dan pemerintah desa tentang tanggung jawab besar menjaga netralitas dan integritas selama 2024.

Agus mengingatkan itu saat memimpin Apel lingkup Jombang pada Rabu (17/1/2024) di lapangan pemkab setempat.

“Saya mengajak seluruh ASN maupun non-ASN lingkup Pemkab Jombang dan Instansi Vertikal di Kabupaten Jombang serta seluruh Kepala Desa beserta Perangkat Desa untuk menjaga netralitas dengan sungguh sungguh dan tunjukkan bahwa kita semua adalah pelayan masyarakat dan abdi negara yang dapat dipercaya semua lapisan,” ujarnya.

Berdasarkan PP nomor 42 tahun 2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik PNS, PNS dilarang melakukan perbuatan yang mengarah pada keberpihakan salah satu calon atau perbuatan yang mengindikasikan terlibat dalam politik praktis atau berafiliasi dengan .

“Netralitas kita adalah amanah yang harus dijaga untuk menjaga kepercayaan masyarakat kepada pemerintah Kabupaten Jombang. Ketidaknetralan yang kita lakukan sebagai seorang Aparatur Negara dapat berdampak negatif, termasuk diskriminasi layanan, kesenjangan dalam lingkup ASN, konflik kepentingan, dan penurunan profesionalisme,” ujarnya.

Agus Purnomo juga mengimbau agar semua dapat tetap saling menghormati, saling menghargai dan tetap menjaga kebersamaan serta jiwa korps dalam menyikapi situasi politik yang ada.

“Dan tidak terpengaruh untuk melakukan kegiatan yang mengarah pada keberpihakan atau indikasi ketidaknetralan,” kata mantan kepala disdikbud ( pendidikan dan kebudayaan) Jombang ini.

Beberapa penekanan juga disampaikan Agus Purnomo bagi kepala perangkat daerah. di antaranya adalah wajib secara aktif untuk menyosialisasikan kepada seluruh ASN/PPNPN/Non ASN di lingkup unit kerja masing-masing.

Selain itu melaksanakan dengan penuh tanggung jawab keputusan bersama Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara, dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum.

“Komitmen bersama antara pemerintah daerah, jajaran TNI-Polri sangat dibutuhkan untuk terus menjaga komunikasi yang baik, serta melaksanakan langkah-langkah preventif guna mencegah potensi gangguan kamtibmas,” tandasnya.

Menurut Agus, kebersamaan dan kerjasama antara Pemerintah Daerah dan jajaran TNI-Polri diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan pemilu yang damai dan demokratis.

“Tentu kita berharap agar pelaksanaan Pemilu tahun ini berjalan dengan lancar dan aman. Koordinasi dan peran aktif dari kita semua harus terus ditingkatkan, agar semuanya berjalan dengan baik,” ujarnya.

Agus Purnomo mengajak, menjelang pemilu untuk menciptakan suasana yang aman, sejuk dan kondusif, jangan sampai terprovokasi oleh pihak pihak yang dapat memecah persatuan dan kerukunan.

“Saya harap kita semua tanpa terkecuali turut serta mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Jombang,” pungkasnya.

Dapatkan update menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com