Sehari Dua Cawapres di Jombang, Muhaimin ke Pasar, Mahfud MD Hadiri Haul Gus Dur

Jombang, Jurnal – Dalam sehari pada Sabtu (6/1/2024), dua calon (Cawapres) berada di Jombang Jawa Timur, yakni Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD.

Muhaimin atau Cak Imin blusukan ke Pasar Citra Niaga (PCN) atau Pasar Legi. Di waktu berbeda Mahfud MD menghadiri acara Haul KH atau Gus Dur ke 14 di Pesantren Tebuireng Jombang.

Muhaimin ke pasar tradisional di Jl Ahmad Yani, Jombang, Sabtu (6/1/2024) sore bersama cucunya Nara dan istrinya Rustin Murtadho.

Di pasar, Muhaimin yang akrab dipanggil Cak Imin itu memborong dagangan warga, yakni sate ayam dan es gudir. dan itu kemudian dibagikan kepada warga.

“Ini dibimbing cucu saya Nara. Itu cucu saya membimbing saya untuk berbagi dengan cara borong semua dan berbagi,” kata Cak Imin, saat itu.

Pasangan Anies Baswedan inj mengungkapkan kebahagiaannya jika cucunya melakukan hal positif dengan berbagi kepada sesama manusia, menumbuhkan nilai solidaritas dan gotong royong.

“Semua ini tradisi yang Nara lakukan, saya senang sekali ini menjadi tradisi yang baik kita harus dukung gotong royong, berbagi, cara solidaritas, saling menyenangkan,” kata cawapres nomor urut 1 ini.

Ia mengungkapkan memilih berbagi di pasar, karena dinilai tempat yang cocok untuk bertemu dengan pedagang dan warga guna saling bersapa.

“Yang biasa dan rame, jadi targetnya (berbagi) banyak,” tandas Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Mahfud Hadiri Haul Gus Dur

Sementara, pada malam harinya, Mahfud MD di acara Haul Presiden RI keempat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Di pondok pesantren yang didirikan oleh Hadratussekh KH Hasyim Asy'ari tersebut, Cawapres nomor urut 3 itu disambut Pengasuh KH Abdul Hakim Mahfuz atau Gus Kikin.

Di sana juga ada putri Gus Dur, Yenny Wahid dan keluarga besar Ponpes Tebuireng Jombang. Haul Gus Dur ke 14 dilaksanakan di area makan keluarga pesantren Tebuireng.

Mahfud menyampaikan Gus Dur itu adalah satu dari empat tokoh dunia setelah abad ke 19. Malah mungkin sepanjang sejarah.

“Pemimpin pemimpin dunia itu yang ketika wafat ditangisi jutaan orang. 4 orang sepanjang yang bisa kita baca,” kata Mahfud dalam sambutannya dikutip JurnalJatim.com.

Dikatakan Mahfud MD, pertama pada tanggal 30 Januari 1948, Mahatma Gandhi bapak india dunia. “Seluruh India berduka, menjadi berita dunia, itulah tangisan manusia terbanyak, sampai saat itu,” ujar Menkopolhukam ini.

Lalu pada tahun 1963, ketika John Fitzgerald Kennedy pada tanggal 22 November mati ditembak, rakyat Amerika berduka dan bondong-bondong mengantar kepergiannya, melepas di pinggir pinggir jalan di seluruh Amerika.

Lalu yang ketiga, dikatakan Mahfud, adalah Khumaini, pemimpin Revolusi Iran yang wafat pada tanggal 3 Juni tahun 1889 dan sesudah itu muncul dari Indonesia.

Ketika pada tanggal 30 Desember tahun 2009 KH Abdurrahman Wahid yang sudah tidak lagi menduduki jabatan di pemerintahan maupun di politik itu wafat, seluruh rakyat indonesia berduka.

“Yang ini saya menyaksikan sendiri. Karena begitu sehabis magrib saya menerima tamu KH Hasyim Muzadi dan Choirul Anam, dan beberapa orang lagi di rumah dinas saya ketua MK, tiba-tiba ada yang menelepon KH Abdurrahman Wahid wafat, kami semua mengakhiri acara dan langsung ke RS Cipto Mangunkusumo,” ujarnya.

Menurut Cawapres pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo ini, disitu ribuan orang sudah menutupi jalan. Semua lantai penuh orang sambil menangis meraung-raung, kemudian ketika Gus Dur dibawa pulang ke Ciganjur, dipinggir jalan orang-orang berteriak histeris memanggil nama Gus Dur.

Paginya, Mahfud MD ikut pesawat kepresidenan bersama Presiden SBY terbang ke Surabaya mengantar jenazah Gus Dur yang kemudian disemayamkan di Pesantren Tebuireng Jombang.

Disebut Mahfud, bahwa mulai dari Juanda sampai Tebuireng, orang di pinggir jalan berkerumun sampai ada menangis, tahlil, anak sekolah mengibarkan bendera merah putih berteriak nama Gus Dur.

“Saya tidak pernah membaca lagi tokoh yang sebanyak itu ditangisi dan diantarkan oleh rakyat,” tandas pria kelahiran Sampang Jawa Timur ini.

Mahfud melanjutkan, Gus Dur bahkan sudah 14 tahun selalu ditengok, setiap minggu banyak orang datang berziarah dan bukan hanya kaum muslimin saja, tapi cina, agama Hindu, Budha Kristen datang berdoa di rumah ibadah masing-masing Kebaikan Gus Dur di alam sana.

“Itulah yang mungkin menjadi contoh, yang difirmankan Allah itu, bahwa orang baik meninggal dalam keadaan selalu terus berjuang dia tidak akan pernah mati,” ujarnya.

Selain Mahfud dan Yenny, peringatan meninggalnya Gus Dur itu juga dihadiri Pengasuh Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo, KH Agoes Ali Masyhuri atau Gus Ali dan pengurus cabang istimewa Nahdlatul Ulama (NU) Autralia dan New Zealand Nadirsyah Hosen atau Gus Nadir sebagai pembicara.

Diketahui, komisi pemilihan umum RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024.

Yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Adapun untuk jadwal pemungutan suara dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com