Ribuan Calon Jemaah Haji Pasuruan Berangkat Tahun Ini, Diimbau Segera Melunasi BIPIH

Pasuruan, Jurnal Jatim – Ribuan Pasuruan berangkat ke tanah Suci tahun ini. Mereka diimbau Kemenag segera melunasi Biaya Perjalanan Haji (BIPIH).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan, Syaikhul Hadi mengimbau kepada calon jemaah yang mendapat porsi berangkat menunaikan rukun islam kelima tahun ini segera melunasi BIPIH.

Imbauan itu menyusul terbitnya Keputusan (Keppres) RI nomor 6 tahun 2024 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi yang bersumber dari Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) dan Nilai Manfaat.

Dalam Keppres tersebut, besaran BIPIH per jemaah untuk Rp60.526.334. Sedangkan besaran BIPIH PHD ( Daerah) dan Pembimbing KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh) Embarkasi sebesar Rp97.890.448,00.

Oleh karenanya, setiap jemaah dapat segera melakukan pelunasan di Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) yang telah ditunjuk.

“Kami persilahkan seluruh jemaah yang berangkat haji tahun ini untuk dapat melunasi BIPIH di Bank penerima setoran ketika daftar haji,” katanya, Rabu (10/1/2024).

Ia menjelaskan ada sebanyak 1842 calon berangkat tahun 2024, terdiri dari 1295 jemaah reguler plus 56 dan 491 jemaah cadangan.

Ribuan calon Tamu Allah tersebut dapat melakukan pelunasan pada tahap pertama yang dimulai sejak 9 Januari-12 Februari 2024.

Kata Syaikhul, apabila sudah lunas, jemaah dapat menyertakan bukti pelunasan dan paspor untuk diserahkan kepada Kemenag Kabupaten Pasuruan.

“Kalau sudah melunasi, tinggal menyerahkan bukti pelunasan pembayaran BIPIH beserta paspor,” ujarnya.

Lebih lanjut Syaikhul menyebut Kemenag Kabupaten Pasuruan menyosialisasikannya melalui KUA , madrasah, penyuluh agama islam hingga KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh) se-Kabupaten Pasuruan.

Apabila terdapat gagal sistem pada tahap pertama, maka jemaah bisa melunasi kekurangan BIPIH di tahap kedua yang dimulai 5-26 Maret 2024.

“Termasuk pendamping jemaah lansia maupun jemaah penggabungan seperti suami istri, orang tua dan anak,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di , jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.