Melihat Produksi Slag Aluminium di Sumobito Jombang, Sugiat Sampaikan Arahan Ini

Jombang, Jurnal Jatim – Industri Kecil Menengah (IKM) Slag Alumunium di Desa Bakalan, Sumobito, Kabupaten Jombang dikunjungi Pj Bupati , Kamis (18/1/2024).

Di sana, Pj Bupati Sugiat disampingi Kepala dan Perindustrian, Suwignyo dan sejumlah pejabat melihat langsung proses produksi yang dilakukan para .

Dalam kesempatan itu, Sugiat memberikan beberapa arahan kepada para pelaku usaha IKM Slag Aluminium.

Dalam arahannya, meminta agar para pelaku usaha dapat meningkatkan produktivitasnya sehingga dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing.

Selain itu, juga meminta agar para pelaku usaha dapat menerapkan inovasi dalam proses produksinya. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing produk.

Sugiat juga menyampaikan apresiasi kepada para pelaku usaha IKM Slag Aluminium yang telah berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Jombang. Harapannya para pelaku usaha dapat terus berkembang dan maju.

“Intinya, peran anggota sebagai motor penggerak peningkatan produktifitas sangat penting, diantaranya dengan menjaga kebersamaan, kekompakan dan kerukunan antar sesama pelaku usaha sebagai anggota koperasi IKM Slag Aluminium ini,” ujarnya.

Kabid Perindustrian, Disdagrin Jombang, Isnainiyah menambahkan, Slag Aluminium merupakan salah satu potensi ekonomi yang dimiliki oleh Kabupaten Jombang.

Slag Aluminium merupakan limbah hasil produksi aluminium. Limbah tersebut dapat diolah menjadi berbagai produk bermanfaat.

Isnainiyah merinci hasil olahan IKM itu 30 persen dalam bentuk aluminium batangan yang dijual ke perusahaan untuk bahan baku pembuatan produk seperti panci, wajan dan bahan bangunan lainnya.

“Sedangkan yang 70 persen sisanya, akan dijual ke perusahaan semen untuk dijadikan sebagai unsur campuran semen,” ujarnya.

Ia menyampaikan Pemerintah Kabupaten Jombang telah memberikan berbagai dukungan untuk pengembangan IKM Slag Aluminium. Dukungan itu antara lain berupa pembangunan sentra IKM Slag Aluminium, pelatihan dan pendampingan, serta bantuan permodalan.

“Dengan dukungan itu, diharapkan IKM Slag Aluminium di Jombang dapat berkembang dan meningkatkan produktivitasnya yang berdampak positif terhadap Kabupaten Jombang,” ujarnya. [Kab]

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com