Murid-murid SD Bercocok Tanam Bunga Bugenvil di Beenyo Farm Jombang

, Jurnal Jatim-murid sekolah dasar (SD) Kepanjen 1 Jombang Jawa Timur bercocok tanam bunga bugenvil di Beenyo Farm di Desa Palrejo, , Selasa (28/11/2023).

Sebanyak 178 siswa dari kelas 1 sampai 6 Siswa belajar mengenal bunga Bugenvil, mempelajari proses penanaman dari awal sampai akhir.

Salah satu murid, Leksinata Leon mengaku senang dapat belajar langsung berdekatan dengan alam. Dia juga bisa tahu cara melakukan stek bunga Bugenvil. Termasuk media tanam dari , kompos, dan juga sekam.

“Senang bisa belajar menanam di alam langsung, dari tidak tahu menjadi tahu,” ujar Leksinata Leon.

Guru pengajar SD Kepanjen 1 Jombang, Latifatul Rosyidah menyebut ada materi pada semester yang salah satunya tentang bercocok tanam.

“Dari pihak sekolah riset mencari tempat tidak terlalu jauh dari sekolah, dan jangkauan anak-anak, kemudian ada pilihan Beenyo Farm,” kata Latifa kepada wartawan.

Menurut Latifa, siswa dapat mengetahui proses perkembangbiakan tanaman, bukan hanya secara generatif tapi secara vegetatif, melalui stek dan lain sebagainya.

“Tidak hanya kontekstual atau belajar dari buku, tapi anak-anak kita ajak ke alam langsung,” ucapnya.

Beenyo Farm memiliki lahan seluas kurang lebih 4000 meter persegi dengan kurang lebih ada 50 varietas Bunga Bugenvil lokal maupun . Di sana juga ada restoran.

Owner Beenyo Farm Jombang Ridho Boy (41) tempat yang dirinya sediakan memiliki nilai . Di sana, pengunjung dapat belajar langsung menanam bunga Bugenvil.

“Untuk mengajarkan anak SD belajar bercocok tanam, supaya menyenangi dulu, kembali ke alam,” terang Boy biasa disapa.

Mulai dari pemilihan batang, pemotongan batang, pelapisan menggunakan lilin untuk pencegahan pembusukan, penyiapan media tanam hingga proses penanaman.

Boy mengaku sudah menjalankan usaha wisata alam selama satu tahun dua bulan lalu. Sementara, terfokus pada budidaya tanaman Bugenvil, dan tidak menutup kemungkinan mengenalkan cocok tanam pada tanaman lain.

“Sementara khusus Bugenvil, kedepan akan mengajarkan penanaman sayur, buah-buahan dalam pot,” terangnya.

Pengunjung Beenyo Farm bisa mengambil paket untuk field trip, untuk minimal 100 orang, per anak dikenakan biaya makan Rp35 ribu.

“Nanti bisa belajar awal tanam sampai akhir, dan pulangnya sudah bawa satu pot bugenvil yang sudah tumbuh,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com