Kericuhan Usai Gresik United Vs Deltras FC Sidoarjo, Polisi dan Suporter Alami Luka

, Jurnal Jatim – Polisi dan Suporter alami luka usai kericuhan Gresik United Vs Deltras FC pada laga lanjutan Liga 2 musim 2023/2024 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik.

Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto menegaskan dalam kericuhan itu 10 anggota polisi mengalami luka ringan, serta 7 masyarakat sipil alami luka ringan.

“Ada 10 personel dari petugas keamanan (Polri) mengalami luka, dan sedang dirawat di RS Petro Kimia Gresik, bersama 7 warga sipil,” ujar Dirmanto, Senin (20/11/2023).

Dirmanto mengungkapkan para korban nantinya akan dilakukan pemeriksaan mendalam di Bhayangkara.

“Untuk yang mengalami luka ringan, Polri akan memberikan layanan rawat jalan Home Visite oleh tim ,” ujar Dirmanto.

Sementara itu, Gresik AKBP Adhitya Panji Anom menambahkan kericuhan itu dipicu kekecewaan suporter Gresik United atas kekalahan tim kesayangan mereka dari Deltras Sidoarjo dengan skor 1-2.

Kekecewaan itu kemudian diekspresikan dengan melakukan pelemparan terhadap bus pemain Deltras Sidoarjo.

Menurutnya, pihak kepolisian tidak langsung menembakkan gas air mata untuk membubarkan suporter yang mulai bertindak anarkistis.

Namun, polisi terlebih dulu melakukan imbauan agar suporter menghentikan aksi, sembari disarankan untuk pulang ke masing-masing.

“Sehingga pihak Kepolisian mengambil langkah-langkah preventif dengan menembakan gas air mata secara prosedur di luar stadion untuk membubarkan massa,” ujarnya.

Dari kejadian tersebut 10 orang anggota Polri yang melaksanakan tugas pengamanan menderita luka dan dirawat di rumah setempat.

Sementara dari pihak suporter ada 7 orang luka ringan yang akan diberikan rawat jalan (home visit) oleh tim dokter rumah sakit Bhayangkara.

“Dari suporter sudah dipulangkan dan dilakukan rawat jalan ( home visit), sementa anggota Polri yang harus rawat inap sebanyak 5 orang,” ujarnya menandaskan

Lebih lanjut Adhitya mengatakan pihaknya akan segera melakukan penyelidikan terkait kericuhan usai Gresik United Vs Deltras FC tersebut.

“Kami masih mendalami kasus ini dan mengumpulkan bukti – bukti yang ada untuk tindak lanjut,” pungkas Adhitya. [*]

Dapatkan update menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.