Bawaslu Ungkap Potensi Pelanggaran Pemilu 2024 di Jombang, Simak Nih

Jombang, – Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Jombang menegaskan potensi besar terjadinya pelanggaran Pemilu 2024.

Berbagai pelanggaran yang cukup berpotensi terjadi adalah pada masa kampanye. Mulai pelanggaran administrasi hingga .

Itu disampaikan Ketua Bawaslu Jombang Dafid Budiyanto saat sosialisasi partisipatif peran dalam Pemilu 2024 di salah satu , Senin siang (20/11/2023).

“Paling rawan dalam tahapan kampanye paling rawan dugaan pelanggaran, baik pelanggaran administrasi, pidana, maupun etik berdasarkan pelaksanaan Pemilu sebelumnya, tahapan kampanye paling banyak dugaan pelanggaran,” kata Dafid.

Bentuk pelanggaran yang mungkin terjadi pada kampanye terletak pada beredarnya alat peraga kampanye (APK).

“Terutama pelanggaran administrasi terkait penempatan APK yang tidak sesuai,” ujarnya.

Dirinya menegaskan agenda Pemilu adalah tanggung jawab semua, yang artinya bukan hanya tanggung jawab penyelenggara saja.

Maka, untuk mencapai Langsung, Umum, (Luber), Jujur dan Adil (Jurdil) dan demokratis memerlukan kerja sama semua pihak, termasuk media massa.

Media massa memiliki peran memberikan informasi dugaan pelanggaran, hingga bawaslu bisa menindaklanjuti. Pihaknya juga mengingatkan jika ada potensi rawan jika dari Pemilu 2019.

Sementara itu, salah satu Asesor perwakilan yang menjadi fasilitator dalam pertemuan itu, Mahmud Suhermono mengingatkan media terlibat dalam acara tentang menguatnya informasi yang berkembang dari media sosial.

“Mengimbangi media sosial yang kini lebih diminati gen Z dan Y, dengan produk pemberitaan,” kata Wakil Ketua Jatim ini.

Menurut Mahmud, pelaksanaan Pemilu 2024 berpotensi terjadi kerawanan di wilayah publikasi. Antara media pers maupun media nonpers.

“Perang antara produk media dan informasi yang dilahirkan oleh media sosial,” katanya.

Peran media pers sangat dibutuhkan karena berkaitan dengan menyajikan berita dan informasi benar sesuai dengan aturan produksi pemberitaan.

“Memberikan pendidikan politik kepada masyarakat melalui produk pemberitaan,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com