Lihat, Ribuan Orang di Jombang Dukung dan Doa Bersama untuk Palestina, Kutuk Israel!

Jombang, Jurnal Jatim – Ribuan orang dari berbagai kalangan di Jombang mendukung dan doa bersama untuk Palestina. Mereka mengutuk tindakan Israel terhadap rakyat sipil Palestina.

Dukungan ribuan orang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Jombang Palestina tersebut dengan menggelar doa bersama di Bundaran Ringin Contong, Jl KH , Rabu (25/10/2023), sore.

Mereka juga menggalang donasi yang akan disalurkan ke Palestina melalui Baznas (badan amil nasional).

“Pemberitahuan 1000 orang peserta aksi, tapi alhamdulillah dukungan solidaritas ini ada sekitar 5 ribu orang,” kata koordinator Aliansi Masyarakat Jombang Peduli Palestina (AMJPP), Zulfikar Damam Ikhwanto dalam orasinya.

Berdasar pantauan , tampak mereka mengenakan busana putih dan memenuhi bundaran ringin contong Jl Wahid Hasyim Jombang.

Berbagai kalangan turut hadir dalam aksi solidaritas itu, mulai anak-anak, remaja hingga dewasa. Tak hanya umat muslim, namun dari berbagai lintas agama juga hadir mengikutinya.

Mereka menghadiri acara doa bersama itu sebagai ekspresi keprihatinan atas konflik berkepanjangan di wilayah Palestina.

Atribut bendera Palestina bendera , bendera Palestina hingga spanduk berisi pesan perdamaian dan solidaritas dengan Palestina bertebaran di antara ribuan orang tersebut.

Doa bersama dipimpin sejumlah dan tokoh agama dari berbagai lintas keyakinan. Selama acara, terdengar selawat dan doa-doa yang dipanjatkan untuk rakyat Palestina yang sedang mengalami cobaan berat.

“Alhamdulillah banyak sekali dukungan dari berbagai pihak, bahkan dari teman – teman lintas agama. Siapapun turut serta menyuarakan keadilan,” kata Zulfikar.

Zulfikar menjelaskan acara itu juga diisi orasi kemanusiaan, mengecam tindakan kekerasan Israel terhadap anak-anak dan , serta penduduk sipil yang ada di Palestina.

“Ada pembacaan pernyataan sikap, dan aksi kita tutup dengan doa dari para ulama dan di Jombang,” katanya.

Lebih lanjut Zulfikar menambahkan, surat pernyataan sikap itu akan dikirim ke pemerintah kabupaten sampai ditembuskan ke pemerintah provinsi dan pusat.

“Sedangkan donasi dijadikan satu di , sudah terkumpul Rp225 juta sekian yang nanti pihak Baznas akan menyalurkan secara resmi kepada official Palestina,” kata Zulfikar menutup.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com