Upacara Kemerdekaan Bareng Bupati Jombang Mundjidah Wahab, 22 Orang Tumbang

Jombang, Jurnal  – Sekitar 22 orang kepanasan saat mengikuti upacara detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia bersama Bupati Jombang Wahab di Alun-alun setempat, Kamis (17/8/2023).

Peserta yang tumbang saat mengikuti upacara Kemerdekaan RI ke 78 tidak hanya kalangan pelajar, tetapi juga peserta upacara dari masyarakat umum.

Diketahui, upacara HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023 di diikuti oleh jajaran forkopimda, OPD Pemkab Jombang, pelajar, ormas dan juga masyarakat umum.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Jombang Mundjidah Wahab dan Ketua DPRD membacakan kemerdekaan.

Saat upacara dimulai, satu persatu peserta upacara yang baris di lapangan Alun-alun Jombang . Oleh petugas kesehatan yang sudah siaga langsung membawa mereka ke tenda.

Talita, salah satu peserta upacara yang pingsan mengaku belum sarapan saat mengikuti upacara hari kemerdekaan ke 78 yang dipimpin Bupati Jombang. Dia pingsan saat hendak penghormatan upacara.

“Saya pusing, karena tadi belum sarapan, saat mau hormat terus lemas,” ucap siswi salah satu madrasah aliyah di Jombang ini.

Petugas dari kesehatan (Dinkes) Jombang Jawa Timur, Ririn mengungkapkan total sebanyak 22 peserta upacara HUT Kemerdekaan RI pingsan dan langsung ditangani oleh tim kesehatan.

“Ada 22 peserta upacara yang hari ini pingsan, mereka ada yang pelajar dan juga umum,” ungkap Ririn kepada wartawan di lokasi upacara.

Ririn menyebut petugas memberikan pertolongan pertama kepada peserta yang pingsan tersebut. Ririn mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan peserta upaca di alun-alun Jombang itu pingsan. Salah satunya adalah cuaca yang sangat panas.

“Penyebab mereka pingsan cuaca panas, ada belum sarapan juga dan berbagai hal lainnya,” kata Ririn.

Setelah diberikan pertolongan petugas dari Publik Safety Center (PSC) Dinas Kesehatan Jombang, puluhan peserta yang pingsan kondisinya kembali pulih, termasuk Talita dengan cepat membaik.

Ririn menegaskan seluruh peserta yang pingsan tidak ada yang dirujuk ke sakit. “Semuanya sudah kami tangani. Tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit,” kata Ririn memungkasi.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.