Dapat Kiriman Air Emak-emak di Jombang Antre Sambil Bawa Timba

Jombang, Jurnal Jatim – Sejumlah emak-emak warga Dusun Guwo Desa Manduro, Kabuh, Kabupaten Jombang berbondong-bondong membawa timba untuk mendapatkan dari mobil tangki di kampungnya.

Setidaknya satu bulan ini mereka mengaku hingga setiap hari harus mengambil dari sumber air yang jarak jauh.

Pada Kamis (3/8/2023), mereka mendapatkan kiriman air bersih dari kepolisian setempat. Air itu bisa digunakan kebutuhan mencuci, mandi dan minum setelah dimasak.

“Alhamdulillah, Terima kasih bapak atas kiriman air ini,” ucap Manik, salah seorang ibu tangga di sela antre mendapatkan air.

Pantauan Jurnaljatim.com, Manik bersama emak-emak berjejer antre timbanya diisi air dari sebuah mobil tangki berisi 5000 air. Mereka antusias menunggu giliran mereka mendapatkannya.

Satu persatu timba warga diisi air oleh seorang . Setelah penuh, para ibu-ibu itu lalu memikul dengan menggunakan sebatang kayu untuk dibawa pulang ke rumah.

Dami, (50) warga lainnya mengatakan kemarau yang terjadi saat ini mengancam sumber- sumber air di tempat tinggalnya.

Selain sulit mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, warga juga kesulitan air untuk menyirami tanaman di sawah.

Warga harus mencari sumber air dengan yang cukup jauh, hingga sejauh 3 kilometer. Kondisi itu terjadi sebulan terakhir ini ketika musim kemarau.

“Di sini air sudah mulai kering. Jadi warga harus mengambil air ke tempat yang cukup jauh. sudah satu bulan ini,” ucapnya ditemui.

Wakapolres Jombang Kompol Hary Kurniawan mengungkapkan bantuan air sebagai bentuk kepedulian Polres Jombang kepada masyarakat di musim kemarau yang dilanda kekeringan.

Bantuan itu juga dalam rangka memperingati 28 tahun pengabdian Akpol 95 Patria Tama untuk yang presisi

“Bantuan ini harapannya bisa meringankan masyarakat yang sedang kekurangan air bersih. Bisa digunakan untuk kebutuhan memasak, mencuci dan mandi,” kata Hary.

Hary mengungkapkan, dropping air kepada warga terdampak kekeringan dilakukan di desa Manduro Kecamatan Kabuh dan Desa Klitih Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang.

Di Desa Manduro disalurkan di empat dusun, yakni Gesing, Matoan, Dander, dan Guwo. Sedangkan Desa Klitih  didistribusikan di dusun Tondowesi.

“Polres mengirimkan air bersih 20 yang berkapasitas masing-masing truk lima ribu liter,” ujar Hary.

Selain menyalurkan air untuk warga yang terdampak kekeringan, Hari menyatakan, Polres Jombang juga memberikan  bansos (bantuan sosial) 100 paket beras 100 kepada warga tidak mampu.

“Kami akan terus berusaha untuk membantu masyarakat yang membutuhkan sebagai bentuk kepedulian kepada sesama,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com