450 Calon Jemaah Haji Tuban Estimasi Berangkat 2024 Dapatkan Penyuluhan Manasik

Tuban, Jurnal Jatim – Sebanyak 450 calon Tuban estimasi berangkat tahun 2024 mendapatkan penyuluhan sepanjang tahun dari (Kemenag) kabupaten setempat, Selasa (22/8/2023).

Semua peserta yang hadir membawa beberapa persyaratan, seperto fotokopi BPIH setoran awal, SPPH, E-KTP,  KK, akta atau akte lahir atau ijazah masing-masing 1 lembar.

Kepala Kantor , Ahmad Munir menyampaikan calon jemaah haji estimasi berangkat tahun depan diundang saat ini supaya jauh hari dapat mempersiapkan diri mendapatkan ilmu manasik dan menata hati.

Munir juga menyampaikan lingkaran haji yang meliputi pelaksanaan haji di negeri orang sehingga jemaah tidak bisa semaunya seperti di negeri sendiri.

Kemudian melibatkan banyak pihak, ragam strata sosial, dilaksanakan satu tempat dan waktu, mengurus banyak orang dan mengelola banyak uang. Termasuk dirinya juga menyampaikan tentang prinsip-prinsip penyelenggaraan ibadah haji.

“Penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas dan menjadi tanggung jawab pemerintah,” ujar Munir dalam acara yang dilaksanakan di asrama Haji Tuban tersebut.

Munir menjelaskan prinsip penyelenggaraan haji bertujuan memberikan pembinaan pelayanan dan perlindungan bagi jemaah haji.

“Pelayanan penyelenggaraan haji mengedepankan kepentingan jemaah, pemenuhan rasa keadilan, kepastian dan profesional,” katanya dalam keterangannya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Kemenag Tuban, Ashabul Yamin mengungkapkan acara dikemas dalam dua angkatan.

“Untuk hari ini dari Tuban 133 jemaah, 53 jemaah,  Tambakboyo 25 jemaah, Bancar 26 jemaah, Merakurak 70 jemaah, Kerek 31 Jemaah, Montong 27 jemaah, Singgahan 28 Jemaah, Jatirogo 35 jemaah, Kenduruan 12 jemaah dan Kecamatan Bangilan 21 Jemaah,” ungkapnya.

Pria asal Palang Tuban itu juga memaparkan bahwa undangan diambil dari porsi terakhir 1300600450.

“Apabila ada jemaah haji yang nomor porsi sebelum tidak masuk daftar undangan maka kami mohon konfirmasi ke seksi PHU akan kami undang pada kegiatan tanggal 24 Agustus,” ulasnya.

Acara tersebut juga diisi materi Penguatan Istitha'ah Kesehatan Haji oleh Kepala Puskesmas Desa Sumurgung Kecamatan Palang dr. Dian Ambarsari.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.