Begini Gambaran Aplikasi Interkoneksi Makam untuk Wisata Religi di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Menteri Pariwisata dan (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membeberkan aplikasi dari konsep interkoneksi makam untuk wisata religi di Jombang Jawa Timur.

Sebagai gambaran, menurut Sandiaga Uno, wisata religi mulai di Kompleks makam Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) setelah itu ke Makam KH Bisri Syansuri Denanyar.

Lalu, dilanjutkan ke makam KH Abdul Tambakberas dan dilanjutkan menuju Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan.

“Dimungkinkan melewati alun – alun, setelah itu ke Wonosalam karena sudah terkenal dengan wisata Duren,” ungkap Sandiaga Uno kepada sejumlah wartawan saat berkunjung di Jombang Jawa Timur, Sabtu (15/7/2023).

Menurut Sandiaga Uno, ke depan beberapa event seperti pemecahan tari Remo Boletan, juga bisa pemecahan sayur lodeh kikil khas Jombang. Sajian produk kreatif sebagai wisata kuliner juga bisa ditampilkan dalam konsep tersebut.

“Khususnya untuk kuliner karena mereka berwisata pasti ada produk kuliner ada belanjanya juga,” kata mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini.

Baca sebelumnya: Menparekraf Sandiaga Uno dan Bupati Jombang Bahas Gagasan Interkoneksi Makam

Menurut dia, berkaca pada paket atau Haji, satu sampai satu setengah juta dan akan meningkat terus, itu yang sudah keluar negeri. Padahal mereka bisa melihat ada kemungkinan paket-paket wisata ziarah yang ada di negeri sendiri di Indonesia.

“Dengan target bisa membawa kunjungan wisatawan antara 1 sampai 2 juta saja akan sangat membawa berkah bagi Masyarakat,” kata dia.

Pria yang juga akrab disapa Sandi Uno itu menendaskan bahwa potensi wisata religi interkoneksi makam juga membuka peluang buat industri ,juga industri batik di Kota Santri Jombang.

“Harapannya membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi ribuan santri di sini,” tandasnya.

Diketahui, penjabaran konsep interkoneksi makam untuk wisata religi di Jombang Jawa Timur itu mengemuka saat Menparekraf Sandiaga Uno menerima gagasan dari Bupati Jombang Mundjidah Wahab yang berada di .

“Saya dititipkan tadi satu rencana yang luar biasa untuk menghubungkan makam-makam pahlawan kita ini untuk wisata religi,” kata Menparekraf Sandiaga Uno usai turun dari Salat Maghrib kepada wartawan, Sabtu (15/7/2023).

Sandiaga Uno menilai gagasan  tersebut akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Karenanya difasilitasi juga oleh dan pemerintah pusat.

“Jadi ada nanti APBD dan non APBD-nya sedang kami akan kembangkan, baru tadi menerima usulan dari Sekda dan ibu Bupati,” ujarnya.

Dia menilai gagasan itu penting untuk diwujudkan karena inilah masa depan dari ribuan santri. Bahwa wisata religi selama ini banyak peminatnya tapi belum terfasilitasi dengan optimal.

“Saya yakin target 4,4 juta lapangan pekerjaan di sektor pariwisata ekonomi kreatif bisa kita ciptakan jika kita mampu menginterkoneksikan 4 pondok besar ini dan juga alun-alun dan Wonosalam,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .