Pantau Harga Pangan di Jombang, Daging Ayam dan Telor Masih Mahal

Jombang, Jurnal Jatim – Harga daging ayam dan di tradisional Jombang jelang Hari Raya Idul Adha 2023 terpantau masih mahal. Bahkan terus mengalami kenaikan.

Wakil Bupati (Wabup) Jombang Sumrambah menyebut kondisi itu terjadi tidak hanya di Jombang, tapi menyeluruh secara nasional.

“Seperti kita ketahui, secara makro hampir secara nasional harga daging  ayam, juga telur mengalami kenaikan. Tentu kita akan segera tindak lanjuti koordinasi dengan OPD terkait untuk memastikan keberadaan stok yang ada,” kata Sumrambah.

Sumrambah menyampaikan saat memantau langsung harga pangan di , Selasa (27/6/2023) pagi bersama Sekda Agus Purnomo dan Tim Pengendalian (TPID).

Tim terdiri dari gabungan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang.

Mulai dari dan Perikanan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, dan Bagian .

Kendati harga daging ayam dan telur tinggi, menurut Sumrambah, harga bahan pokok dan komoditi lainnya seperti beras, tepung terigu, gula, minyak goreng dan yang lainnya masih relatif stabil. Pasokannya juga aman.

“Jelang Hari Raya Idul Adha kita langsung pantau harga pasar terutama bahan pokok. Alhamdulillah, harga harga masih relatif stabil, kalaupun ada kenaikan seperti daging ayam, telur, tapi masih relatif wajar,” kata dia.

Berdasarkan pantauan pada sistem informasi ketersediaan dan perkembangan bahan pokok () wilayah Jombang, harga daging ayam ras sekarang ini Rp38.243, naik dari harga sebelumnya Rp38.154. Untuk daging ayam kampung RpRp66.877, naik dari harga sebelumnya yakni Rp66.786.

Kemudian harga telur ayam ras hari ini Rp29.601 per kg, naik dari harga sebelumnya Rp29.448 per kh. Harga telur ayam kampung juga naik. Sehari sebelumnya Rp43.536 per kg dan sekarang Rp43.545 per kg.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com