Libur Panjang, 33 Bus Antarkan Santri Tebuireng Jombang Balik Kampung

, Jurnal Jatim – Libur panjang usai ujian akhir semester sekolah, para santri Pondok Pesantren halaman untuk menikmati liburan, Senin (26/6/2023).

Untuk mendukung hal itu, Pesantren Tebuireng menyediakan 33 bus untuk mengantarkan para santri menuju ke berbagai daerah.

Pengurus Pesantren Tebuireng Jombang memberi kesempatan liburan berkenaan dengan usainya aktivitas mengajar di sekolah.

“Santri libur dari 26 Juni 2023 sampai 16 Juli 2023,” kata pengurus Pesantren Tebuireng Jombang, Teuku Azwani, Senin (26/6/2023).

Libur panjang memberi kesempatan santri untuk memperingati hari raya Iduladha 2023 yang jatuh pada 29 Juni nanti. Selain itu, kesempatan berharga santri untuk menyapa dan bersosialisasi dengan masyarakat lingkungan sekitar.

Secara simbolik pelepasan keberangkatan santri ke berbagai daerah dilakukan di lapangan parkir wisata religi makam KH Abdurrahman Wahib (Gus Dur).

“Jumlah bus 33 sama wilayah Sumatra dan Bali,” ujar Cak Azwani biasa disapa.

Adapun tujuan kepulangan santri menuju sejumlah tempat. Di antaranya yakni Bus 1 tujuan ke Banten, Brebes, Subang; Bus 2 tujuan Cirebon, Tangerang; Bus 3 tujuan Jakarta; Bus 4 tujuan Jakarta Pusat dan Jakarta Timur; Bus 5 tujuan Karawang, Depok, dan Bogor.

Dilanjutkan Bus 6 tujuan Bekasi; Bus 7 tujuan Tegal, Indramayu, dan Bandung; Bus 8 tujuan Pemalang, Pekalongan dan Batang; Bus 9 tujuan Jawa Tengah; Bus 10 tujuan Temanggung, , Sukoharjo, Karanganyar, dan Wonosobo.

Berikutnya, Bus 11 tujuan Jawa Tengah; Bus 12 tujuan Yogyakarta; Bus 13 tujuan Tuban, Rembang, Blora, Pati, Kudus, Demak, dan Jepara; Bus 14 tujuan Madiun dan ; Bus 15 tujuan Madiun dan ; Bus 16, 17, dan 19 tujuan Gresik; Bus 20 sampai 23 tujuan Surabaya.

Lebih lanjut, Bus 24 dan 26 tujuan ; Bus 27 tujuan Madura; Bus 28 tujuan ; Bus 30 tujuan Lamongan; Bus 31 tujuan Bojonegoro; Bus 32 tujuan Bali; beberapa Bus juga mengarah ke tujuan Sumatera.

“Semoga mereka (santri) diberi keselamatan dalam perjalanan hingga tiba di kampung halaman,” kata Azwani menutup.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com