Upacara Hardiknas 2023 di Jombang, 40 Orang Peserta Pingsan

Jombang, Jurnal – Suasana hiruk-pikuk terjadi di Alun-alun Jombang. Puluhan peserta pingsan saat mengikuti upacara (Hari Nasional) 2023, Selasa pagi tadi, (2/5/2023).

Satu demi satu puluhan peserta upacara Hardiknas 2023 yang jatuh pingsan ditandu oleh petugas medis untuk dibawa ke tepi diberikan pengobatan.

Pantauan di lapangan, upacara sejatinya dimulai pukul 07.00 WIB. Namun sempat molor beberapa menit. Peserta upacara yang di antaranya adalah pelajar mengenakan berbagai busana adat sudah berkumpul di lapangan beberapa saat sebelum upacara dimulai.

Baru beberapa menit upacara dimulai, sejumlah peserta sudah mulai bertumbangan dan meninggalkan barisan upacara. Seketika tim medis segera memberikan pertolongan.

Anggota tim P3K Dinas dari Puskesmas Jatiwates Tembelang, Tri Wahyudi mengatakan ada sekitar 30 sampai 40 orang peserta upacara dievakuasi oleh tim medis.

“Peserta terkena preshock atau lemas badan dan seketika pandangan gelap, tadi dipengaruhi faktor cuaca memang panas,” kata Tri Wahyudi kepada .

Disebut Tri, rerata peserta upacara dari kalangan Pelajar, Aparatur Sipil Negara (), dan guru sudah melakukan persiapan sejak dini. Beberapa menggunakan busana adat yang pembawaannya cenderung panas.

“Sedangkan mulai upacaranya agak molor, seperti itu,” ujarnya.

Selain itu, faktor fisik peserta yang kurang baik ditambah kondisi terik panas bisa dikisaran 38 derajat celcius, sekalipun masih pagi tapi kondisi panas sekali.

Mengetahui kondisi tersebut, tim medis segera melakukan upaya pertolongan. Tindakan yang dilakukan oleh petugas medis, pertama airway atau melancarkan pernafasan.

“Kancing yang rapet dilonggarkan, berteduh, dikasih minum, serta bau – bauan relaksasi aroma terapi,” ucapnya.

Tri memastikan, puluhan peserta upacara Hardiknas 2023 yang jatuh pingsan tidak ada yang sampai masuk rumah . Peserta sadar (siuman) setelah menjalani perawatan medis di tempat.

“Tidak ada peserta yang sampai dirujuk ke Rumah Sakit,” ujar Tri menandaskan.

Dapatkan update berita menarik hanya di , Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com