Surat Undangan Sekda Jombang Terkait Salat Idulfitri Jumat 21 April 2023, Ini Katanya

, – Sempat beredar surat undangan dari Sekretariat daerah (sekda) Jombang terkait Salat Idulfitri 1444 H pada Jumat 21 April 2023 di Masjid Agung Baitul Mukminin Kabupaten Jombang pukul 05.30 WIB.

Surat undangan yang dikeluarkan pada 9 April 2024 untuk kalangan internal itu beredar luas disejumlah grup . Sejumlah warga pun merespons menanyakan kepastian penetapan 1 Syawal 1444 H, saat itu.

Iki pancen tekan Sekda ta? (Ini benar dari Sekda kah?),” ucap Rof warga Mojoagung bertanya soal kepastian surat itu kepada .com, Kamis sore, (20/4/2023).

Dikonfirmasi kepada Sekda Kabupaten Jombang terkait surat edaran itu, dirinya pun membenarkannya.

Lantas, Agus pun meminta warga membaca surat itu secara menyeluruh termasuk ada catatan di bawahnya. Sebab Jika hanya membaca tanpa melihat catatan di bawah, dikhawatirkan terjadi kegaduhan.

“Kan ada catatannya itu, menyesuaikan,” Kata Agus kepada Jurnaljatim.com, Kamis (20/4/2023) malam.

Agus tidak menampik ketika ada warga yang tidak membaca catatan di bawah tentang penyesuaian dikhawatirkan ada pemahaman yang berbeda.

Guna menghindari kegaduhan karena pemahaman berbeda, Kabupaten Jombang akan mengeluarkan surat baru berdasarkan keputusan sidang Isbat.

“Surat baru dasarnya sidang isbat, dan menyusuli surat yang kemarin,” terangnya.

Mengenai perbedaan dalam pelaksanaan pelaksanaan salat Idulfitri, Agus melihatnya sebagai urusan berkaitan dengan keyakinan. Mempersilahkan masyarakat memilih karena berkaitan dengan .

“Yang jelas perbedaan itu suatu hal yang jangan dibesar-besarkan, malah kalau bisa dijadikan sebagai bentuk kerukunan, karena merupakan rahmat,” harapnya.

Dikatakan dia, jika ada warga yang merayakan Hari Raya Idulfitri 1444 H lebih awal, pihaknya pun mempersilahkan sebab hal itu berkaitan dengan keyakinan.

“Pemerintah Kabupaten Jombang tetap mengikuti apa yang sudah menjadi keputusan Kementerian Agama,” pungkas mantan Jombang ini.

Dapatkan update menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com