Jelang Ramadan 2023, Harga Daging Ayam di Jombang Mulai Naik

Jombang, Jurnal – Dua pekan jelang Ramadan 2023, harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Jombang mulai naik, Kamis (9/3/2023).

Kenaikan harga daging ayam di Jombang itu dipicu karena meningkatnya permintaan dari masyarakat untuk kebutuhan menjelang Bulan Suci Ramadan tahun ini.

daging ayam di Pasar Jombang Dyah Widyastuti mengatakan, kenaikan harga daging ayam terjadi dalam sepekan terakhir ini.

“Sekarang harga daging ayam sudah Rp30.000 per kilogram. Harga sebelumnya Rp28.000 per kilogram,” kata Dyah ditemui wartawan di lapak dagangannya di Pasar Mojoagung Jombang, Kamis (9/3/2023).

Menurut Dyah, dalam sepekan terakhir itu, harga daging ayam setiap hari mengalami kenaikan, dengan kisaran Rp500-Rp1.000 per kilogram. “Kenaikan harga bertahap, setiap hari naik,” kata Dyah.

Dikatakan Diyah, harga daging ayam naik karena permintaan masyarakat meningkat menjelang puasa Ramadan 2023.

Masyarakat banyak yang daging ayam untuk kebutuhan selamatan menjelang Ramadan. Penjualan daging ayam di kios milik Dyah juga meningkat dibanding hari biasa.

“Biasanya begini, kalau mau puasa Ramadan banyak masyarakat membeli daging ayam,” ujar penjual daging ayam asal Mojoagung ini.

Meski harga daging ayam cenderung naik setiap hari, sejauh ini Dyah mengaku belum ada keluhan dari pelanggannya. Pembeli masih memaklumi dengan kenaikan harga daging ayam tersebut.

“Stok aman, pasokan juga lancar. Kalau momen menjelang Ramadan, harga memang selalu naik,” katanya.

Dyah memperkirakan, pada minggu depan, harga daging ayam bisa naik lagi. Karena semakin banyak warga yang mengadakan selamatan menjelang Ramadan 2023.

Dilihat dalam (sistem informasi ketersediaan dan perkembangan bahan pokok), harga daging ayam ras di pasar Pon Jombang Rp28.000 per kilogram. Sedangkan daging ayam kampung Rp65.000 per kilogram

Di harga daging ayam tas turun dari sebelumnya Rp29.000 per kilogram, sekarang Rp28.000. Sedangkan harga daging ayam kampung Rp30.000 per kilogram.

Untuk harga daging ayam ras di pasar Ploso Jombang dia hari terakhir Rp30.000 per kilogram. Dan untuk harga daging ayam kampung Rp65.000 per kilogram.

Sementara itu, salah seorang pembeli daging ayam di pasar Mojoagung, Desi Prastianti mengaku kenaikan harga daging ayam masih dalam batas kewajaran, artinya bisa dijangkau.

“Harga ayam naik jadi Rp30 ribu, kemarin Rp28 per kilogram. (Kenaikan) wajar mas karena menjelang ramadan,” kata Desi usai membeli daging ayam di pasar Mojoagung Jombang.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com