Hujan Deras, Petani Desa Sawir Tuban Tewas Tersambar Petir di Sawah

Tuban, Jurnal Jatim – Humas Polres Tuban, Iptu Jamhari menyampaikan seorang petani ditemukan tewas tersambar petir di sawah miliknya sendiri, pada Sabtu (7/1/2023).

Petani bernasib nahas itu bernama Suyono (52). Ia meninggal akibat disambar petir di sawah miliknya di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban.

“Tubuh korban mengalami bekas luka bakar yang diduga akibat sambaran petir di pipi kanan, dada kanan, dan dada sebelah kiri,” kata Jamhari, dalam keterangannya, Minggu (8/1/2023).

Petugas yang saat itu mendapatkan laporan, langsung melakukan olah tempat kejadian perkara dan menggali keterangan saksi-saksi.

Dijelaskan Jamhari, saat itu korban sedang ada di sawah di sebelah Utara pemukiman warga desa setempat, Jumat sore (16/2023).

Karena waktu sudah sore dan kondisi hujan deras, petani paruh baya itu hendak pulang ke rumahnya.

“Saat kondisi cuaca sedang hujan, korban memaksakan diri untuk pulang ke rumah,” tegas Kasi Humas Polres Tuban.

Apesnya, saat mau pulang korban tersambar petir hingga tak sadarkan diri dan meninggal dunia. Kondisi itu diketahui oleh tetangga korban.

Peristiwa tersebut disampaikan ke orang lain yang ada di sekitar lokasi. Kemudian mencari pertolongan warga lainnya, termasuk juga memberitahukan kepada perangkat desa.

“Ada saksi yang kebetulan berada tidak jauh dari korban, meminta tolong kepada tetangga yang kebetulan masih berada di gubuk sawah,” terang mantan KBO Satlantas Polres Tuban itu.

Dikatakan dia, kondisi korban saat itu sudah dalam posisi terlentang ke barat dan kejadian itu dilaporkan ke polsek setempat.

Anggota Polsek setempat bersama tim medis dan juga tim inafis Polres langsung datang ke lokasi untuk memeriksa luar kondisi jenazah Suyono.

Ia menegaskan berdasarkan keterangan dari petugas Puskesmas Tambakboyo bahwa tidak ditemukan tanda-tanda adanya kekerasan pada tubuh korban selain bekas luka bakar.

“Luka bakar tersebut diduga akibat dari sambaran petir di pipi kanan, dada kanan, dan dada sebelah kiri,” pungkas Jamhari.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.