Usaha Kerupuk Rumahan, Pemuda Jombang Raup Omset Rp7 Juta Perbulan

Jombang, Jurnal – Usaha kerupuk rumahan bisa menjadi solusi usaha yang menjanjikan. Pilihan usaha itu dilakukan Farhan Zakaria Achmad (23) Dusun Sambongsantren, Sambongdukuh, Jombang, .

berusia 23 tahun tersebut tampak dengan sabar menata krecek (kerupuk mentah) di atas besek. Setelah semua bagian besek tertutup krecek, besek lantas dijemur untuk pengeringan. Pengeringan dilakukan untuk memastikan kualitas krupuk terjaga.

“Kalau panas ini dimanfaatkan betul untuk menjemur. Karena kalau siang kadang sudah turun ,” katanya kepada , Kamis (3/11/2022).

Menurutnya, beberapa hari terakhir sudah mulai sulit untuk menjemur kerupuk karena cuaca yang tidak menentu. Diakuinya pada musim penghujan, sangat berpengaruh pada produksi. Lantaran, harus menunggu terik matahari untuk menjemur.

“Ya kendalanya itu cuma matahari. Karena sangat mengandalkan alam,” tegasnya.

Jika cuaca normal, Farhan mengaku dalam satu bulan bisa meraup pundi-pundi sebesar Rp7 juta. Namun berbeda kalau dalam cuaca tidak menentu, pilihan mengurangi produksi tidak bisa dihindari.

“Ya tetap disyukuri saja masih bisa produksi,” ungkapnya.

Dalam kondisi normal dengan intensitas cuaca terik matahari tinggi, pemuda lajang tersebut bisa menggoreng kerecek kering sebanyak 40 kg, tapi kalau cuaca kerap hujan, dirinya hanya menggoreng sebanyak 30 kg.

Bahkan, apabila tidak ada panas. Dirinya juga sempat tidak produksi. Karena dia tetap mengandalkan kualitas dan rasanya.

“Kalau tidak benar-benar kering maka rasa kerupuk jadi tidak enak dan kalau digoreng juga tidak bisa mekar, harapannya bisa punya oven,” pungkas Farhan.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter