Lepas Pengawasan Orang Tua, Balita 2 Tahun di Jombang Tercebur Sungai, Innalillahi!

Jombang, Jurnal Jatim – Pelajaran bagi semua orang tua untuk tidak meninggalkan anak balitanya saat bermain di tempat yang membahayakan. Seperti terjadi di Jombang, Jawa Timur, seorang bayi meninggal dunia akibat tenggelam di sungai saat ditinggal oleh ibunya masuk ke dalam rumah.

Balita yang meninggal itu berinisial RMI (2) warga Desa Sidokaton, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, Jatim. RMI ditemukan tewas tenggelam di saluran irigasi aliran Sungai Marmoyo, Desa setempat, pada Jumat (11/11/2022).

“Korban ditemukan sudah dalam kondisi tak bernyawa di saluran irigasi aliran sungai Marmoyo,” kata Kapolsek Kudu AKP Anang Nurwahyudi dalam keterangannya.

Ia menjelaskan, pihaknya menerima laporan kejadian anak tenggelam di sungai irigasi itu dari perangkat desa setempat sekitar pukul 10.00 WIB.

Sebelum kejadian, korban bermain mobil-mobilan bersama ibunya Dwi Sri Puji Lestari (32) di depan rumah. Di saat korban sedang bermain, ibunya masuk ke dalam rumah untuk mengambil makanan.

“Ibunya mengambil makan untuk anaknya di dapur,” katanya.

Nah, setelah kembali ke depan, anak korban sudah tidak ada di tempat semula. Dwi Sri Puji pun berusaha mencari anaknya. Hingga akhirnya diketahui anaknya tenggelam di sungai depan rumahnya.

“Ibu korban Dwi Sri Puji berteriak minta tolong warga bahwa anaknya tenggelam terseret arus sungai tersebut,” ujarnya.

Teriakan ibu korban pun mengundang warga sekitar. Lalu, warga bersama-sama mencari di aliran sungai hingga akhirnya korban ditemukan dalam kondisi sudah tewas.

“Warga mencarinya di sungai itu dan pada pukul 11.00 Wib anak tersebut ditemukan dalam kondisi sudah tidal bernyawa. Ditemukan kurang lebih 300 meter dari tempat kejadian perkara,” kata Anang.

Selanjutnya, jenazah balita itu dievakuasi oleh warga ke rumah duka. Tim identifikasi yang tiba di lokasi melakukan pemeriksaan luar pada jasad korban.

Hasil pemeriksaan luar, kata Anang, tidak ditemukan tanda-tanda bekas kekerasan yang menyebabkan kematian korban. Anang menduga, korban tercebur sungai hingga meninggal dunia karena terpeleset.

“Diperkirakan meninggal dunia akibat terpeleset di sungai tersebut,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.