Baznas Jombang Serahkan Beasiswa Mahasantri Ma’had Aly Sebesar Rp96 Juta

Jombang, – Menyambut Hari Santri 2022, Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) menyerahkan beasiswa sebesar Rp96 Juta kepada Mahasantri Ma'had Aly. Beasiswa itu sekaligus apresiasi atas sumbangsih pesantren dalam dunia .

Penyaluran Beasiswa Mahasantri Ma'had Aly dilaksanakan di Pusat Ponpes Darul Ulum, Kecamatan Peterongan, , Senin (24/10/2022).

Penyerahan Beasiswa Mahasantri tersebut sekaligus tindak lanjut peluncuran Beasiswa Santri Baznas 2022 angkatan Kedua, yang dilakukan oleh Wakil RI KH. Ma'ruf saat peringatan Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2022.

Serah terima Beasiswa Mahasantri Baznas Jombang itu dihadiri di antaranya Majelis Pimpinan Ponpes Darul Ulum KH Cholil Dahlan, KH. Zainuddin Wijaya As'ad, KH Hamid Bisri, KH Rohmatul Akbar; Mudir Ma'had Aly Mambaul Ma'arif Denanyar Gus Abdul Rosyid, Ketua Baznas Jombang Didin A Sholahudin, Wakil Ketua BAZNAS Jombang Ahmad Zainuri, dan 20 Mahasantri penerima manfaat Beasiswa.

Ketua Baznas Jombang, Didin A Sholahudin mengatakan, Beasiswa Mahasantri Ma'had Aly sebagai bukti peran serta Baznas Jombang untuk memajukan pendidikan di pondok pesantren, sekaligus untuk meringankan biaya hidup bagi Mahasantri.

Beasiswa itu untuk tahun ajaran pendidikan 2022/2023, dengan durasi waktu satu tahun yakni Juli 2022 – Juni 2023 dengan alokasikan dana 96 Juta untuk 20 Mahasantri.

Adapun rinciannya yakni 10 orang dari Ma'had Aly Darul Ulum, dan 10 dari Ma'had Aly Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang.

Dikatakan Didin A Sholahudin bahwa setiap Mahasantri akan memperoleh dana beasiswa sejumlah Rp4.800.000 per tahun. Dari jumlah itu, akan diberikan setiap bulannya senilai Rp400.000.

“Hari ini diberikan sebesar Rp1.600.000 terhitung untuk bulan Juli – Oktober 2022,” tutur Gus Didin, panggilan akrab Didin A Sholahudin dalam sambutannya.

Sementara itu KH Zaimuddin Wijaya As'ad dalam sambutannya mengapresiasi positif atas peran serta BAZNAS Jombang dalam kontribusinya di pendidikan pesantren.

“Dengan beasiswa ini, menunjukkan jika BAZNAS Jombang mampu mengambil peran penting dan mensinergikan khidmahnya dengan pondok pesantren,” kata Zaimuddin.

Dengan beasiswa tersebut, ia mengharapkan Baznas akan terus mampu memberi banyak kemanfaatan bagi santri, pesantren, dan umat lebih luas.

KH Cholil Dahlan sebelum menutup serah terima beasiswa dengan doa, berharap Agar beasiswa itu mampu menjadi motivasi kepada santri untuk terus , menngaji dan terus mengasah ilmunya.

Menurut Kiai Kholil, Mahasantri Ma'had Aly harus bisa menunjukkan identitasnya dengan berpenampilan bersih, rapi, santun, yang lebih baik dibandingkan Mahasiswa dari Perguruan Tinggi lainnya.

“Terima Kasih. Semoga niat, ikhtiar dan sumbangsih Baznas Jombang kepada santri dan pesantren akan senantiasa peroleh balasan kebaikan dan ridho dari Allah SWT,” pungkas Ketua Majelis Indonesia (MUI) Jombang ini.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News