oleh

Tim Dosen Seni Rupa Unesa Beri Pelatihan Canva ke Siswa SMA 45 Gresik

Surabaya, Jurnal Jatim – Tim dosen jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA 45 Gresik wujud pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian ke Masyarakat agar ilmu dan keterampilan dosen bermanfaat untuk Masyarakat.

Tim PKM dosen jurusan seni rupa itu terdiri dari Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn sebagai ketua; Drs. Imam Zaini, M.Pd; Agung Ari S., M.Fill; Wening Hesti Nawa Ruci, S.Pd., M.Pd; Khoirul Amin, S.Pd., M.Pd dan juga didampingi oleh dua mahasiswa yaitu Hana dan Yasmine.

Ketua Tim PKM, Indah Chrysanti Angge mengemukakan bahwa tim PKM melakukan pelatihan Canva untuk siswa SMA 45 Gresik. Pelatihan itu selain memperkenalkan cara menggunakan aplikasi Canva, juga memberikan pelatihan membuat poster menggunakan aplikasi Canva.

“Pembuatan poster diarahkan untuk membuat poster promosi sekolah. Pelatihan ini ditujukan untuk siswa agar dapat membuat poster yang menarik dan komunikatif,” ujar Chrysanti, Rabu (7/9/2022).

Tim Dosen Seni Rupa Unesa Beri Pelatihan Canva ke Siswa SMA 45 Gresik

PKM dilaksanakan selama dua hari yaitu 16 dan 18 Agustus 2022 di SMA 45 Gresik, Jl Raya Jati Rembe, Desa Sumengko, Kecamatan Benjeng. Adapun peserta PKM terdiri dari 16 siswa dan 4 orang guru.

“Pada awalnya pelatihan ini hanya ditujukan untuk siswa, namun karena antusiasme terhadap kegiatan ini tinggi maka beberapa guru juga bersedia untuk hadir,” ujarnya.

Ia menjelaskan, PKM pada hari pertama 16 Agustus 2022, para peserta diperkenalkan dengan fitur-fitur pada aplikasi Canva. Peserta juga diberi materi pembuatan poster yang menarik dan komunikatif.

“Peserta berlatih membuat poster tentang lomba untuk merayakan Hari Kemerdekaan dan diberikan modul penggunaan canva untuk mempermudah peserta memahami materi,” ujar Dosen Senirupa Unesa Ini.

Tim Dosen Seni Rupa Unesa Beri Pelatihan Canva ke Siswa SMA 45 Gresik

Kemudian, pada akhir sesi, hasil poster dievaluasi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta dalam membuat poster dengan aplikasi canva.

Chrysanti mengungkapkan semua peserta mampu membuat poster meski ada beberapa masukan dari dosen untuk pembelajaran bersama. Saat itu peserta juga diminta untuk membuat poster dengan tema promosi sekolah sebagai tugas rumah.

Poster yang dibuat peserta dikumpulkan pada PKM hari kedua 18 Agustus. Pada hari kedua itu, semua peserta mempresentasikan hasil karya poster yang dibuatnya.

Tim bersama para peserta melakukan apresiasi berupa tanggapan, masukan, kritik dan saran yang membangun terhadap karya yang ditampilkan sehingga baik tim dan peserta dapat belajar bersama-sama.

“Pada sesi akhir, dipilih dua karya terbaik dan diberikan penghargaan berupa hadiah,” ungkapnya.

Chrysanti menambahkan, acara berjalan lancar dan peserta sangat antusias. Selain karena Tim PKM yang kompak, juga berkat dukungan dari kepala sekolah Ahmad Sya’roni, S.Pd serta guru dan siswa yang antusias pada pelatihan tersebut.

“Pelatihan PKM ini akan diadakan lagi setiap tahunnya. Kami sampaikan Terima kasih kepada pihak sekolah yang mendukung, juga kepada tim PKM yang kompak sehingga semua berjalan lancar,” pungkas Chrysanti.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com