oleh

Kenaikan Harga BBM Tak Pengaruhi Elpiji 3 Kg di Jombang, Stok Aman!

Jombang, Jurnal Jatim – Stok elpiji subsidi 3 kg di Jombang, Jawa Timur dipastikan aman dan tidak terpengaruh kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang diumumkan oleh pemerintah, hari ini, Sabtu (3/9/2022).

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawannsa usai melakukan kunjungan mendadak di salah satu agen di Kabupaten Jombang. Khofifah sidak bersama bupati Mundjidah Wahab.

Khofifah menyatakan sudah melakukan konfirmasi kepada pihak pertamina jika kenaikan BBM tidak berdampak pada kenaikan gas LPG 3 Kg (kilogram) dipasaran.

“Saya mengkonfirmasi ulang kepada Pertamina bahwa LPG 3 kg harganya tetap tidak ada kenaikan,” kata Khofifah kepada wartawan, Sabtu (3/9/2022).

Pihak pemprov sudah melakukan koordinasi dengan Pangdam V Brawijaya, Polda Jatim, dan tim dari pertamina untuk mengawal proses ketersediaan dan distribusi dari Gas elpiji.

“Pihak kepolisian dan TNI akan siap mengawal di 6 suplai poin di Jawa Timur dan proses distribusinya juga akan dikawal,” kata mantan menteri sosial ini.

Menurut Khofifah, pengamanan ketersediaan gas elpiji penting, karena masyarakat banyak membutuhkan. Karena, kata Khofifah, ibu-ibu tentu akan sangat banyak menggunakan elpiji 3 Kg untuk keperluan dapur mereka.

“Juga warung-warung untuk usaha mikro dan ultramikro, mereka juga menggunakan, maka ya harus dipastikan aman distribusinya, dipastikan Jawa Timur aman,” ujar Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini.

Pada kesempatan itu, yang dikunjungi secara mendadak oleh Khofifah adalah agen elpiji di Jalan Kemuning, Desa Candimulyo, Jombang. Sebelum ke agen itu, Khofifah berencana akan ke satu titik lagi. Tapi, kata Khofifah, proses untuk pengiriman belum sampai.

“Jadi, elpiji 3 kg ada kekosongan di satu titik tadi  mudah-mudahan proses pengirimannya segera sampai seperti di tempat ini. Kita melihat bahwa stoknya aman,” katanya.

Ia juga menyampaikan andai kemudian ada permintaan dari berbagai kelompok masyarakat atau para pedagang terutama pedagang gorengan, warung warung dari usaha mikro dan ultra mikro kemudian ke sini, InsyaAllah besok meskipun hari minggu tetap bisa diantarkan.

“Jadi ini antara supply chain dengan stok ini sesuai yang harus saling dijaga karena ini terkait satu denga lain,” tandasnya.

Diketahui, sebelum cek stok ketersediaan elpiji, Khofifah mampir terlebih dahulu di alun-alun Jombang. Ditemani Forkopimda Jombang, Gubernur melihat Bunga Tabibuya atau mirip dengan bunga sakura di Tokyo Jepang. Selain itu dirinya mengajak masyarakat kota santri bisa mengabadikan momen instagramble di alun-alun.

Setelah itu, lawatan Gubernur dilanjutkan dengan takziah ke makan KH. Abdul Nashir Abdul Fatah selaku pengasuh Ribath induk Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com