oleh

Calon Pemilih Pemula di Jombang Diberikan Pendidikan Politik

Jombang, Jurnal Jatim – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Jombang, Jawa Timur memberikan sosialisasi mengenai pendidikan politik kepada para calon pemilih pemula, Senin (19/9/2022).

Sosialisasi di Pendopo Kabupaten Jombang dilakukan agar para calon pemilih pemula memiliki bekal yang cukup dalam memberikan pilihan saat Pemilu 2024 nanti. Sosialisasi melibatkan ratusan pelajar SMA dan SMK sederajat.

Menurut Bupati Jombang Mundjidah Wahab, 2024 merupakan tahun dengan momentum politik yang sangat signifikan. Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, juga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan menentukan Kepala Daerah di tingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota.

“Generasi milenial sebagai salah satu masyarakat atau pemilih pemula peranan pendidikan politik terhadap milenial sangatlah perlu ditanamkan agar roda demokrasi dapat berkelanjutan dalam melahirkan para pemimpin bangsa Indonesia kedepannya,” kata Mundjidah.

Ia menyatakan, generasi milenial memiliki potensi yang besar bagi kekuatan politik karena jumlahnya yang banyak. Namun, minimnya ketertarikan dan kepedulian generasi muda yang terlibat partisipasi dalam politik secara konvensional karena berbagai alasan perlu mendapatkan pencerahan atau sosialisasi terkait hal itu.

“Saya berpesan ikuti sosialisasi ini dengan seksama agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan politik kalian semua, agar nantinya kalian bisa menyalurkan hak suara dalam pemilihan umum tahun 2024 mendatang sebagai pembelajaran demokrasi bagi kalian semua,” ujarnya.

Mundjidah bilang, mereka dihadirkan di Pendopo Pemkab Jombang adalah sebagai Penggerak Pelajar di Kabupaten Jombang. Sebagai generasi muda, penerus harapan bangsa, isilah kegiatan yang bermanfaat.

“Teruslah menuntut ilmu. Bagikan ilmu dan wawasan pengetahuan politik hari ini kepada teman teman kalian”, pungkasnya.

Sosialisasi Pendidikan Politik untuk Pemilih Pemula dimoderatori Kepala Kesbangpol Anwar. Kemudian Ketua DPRD Kabupaten Jombang Mas’ud Zuremi memberikan materi terkait Partai Politik dan menceritakan pengalamannya dalam berpolitik.

Sementara itu anggota Komisioner KPU Rita Darmawati, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia memberikan materi terkait tahapan Pemilu.

Pendidikan politik tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pelajar pemilih pemula, serta meningkatkan partisipasi pemilih pemula untuk menyukseskan pemilu.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com