oleh

Rumah di Jombang Terbakar saat Masak Bersama Acara Agustusan

Jombang, Jurnal Jatim -Rumah warga Dusun Binorong, Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang Jawa Timur, hangus terbakar saat masak bersama untuk acara agustusan, Minggu malam (21/8/2022). Pemicu kebakaran diduga akibat kebocoran tabung gas elpiji.

Selain menghanguskan bangunan rumah milik Muhammad Yahya (45), kebakaran itu juga menyebabkan satu orang mengalami luka bakar. Korban yakni Sokip (37), saudara dari pemilik rumah. Sokip langsung dibawa ke Puskesmas Mojoagung, Jombang, untuk mendapatkan perawatan medis.

“Korban merupakan keluarga pemilik rumah yang terbakar. Korban menderita luka bakar, langsung dibawa ke Puskesmas Mojoagung, untuk mendapatkan perawatan medis,” kata Kepala Desa Kedunglumpang, Juprianto.

Informasi didapat, sebelum kejadian, rumah M Yahya di jalan raya dusun Binorong, RT 002 RW 006 Desa Kedunglumpang digunakan aktivitas memasak untuk acara tasyakuran peringatan HUT ke 77 Republik Indonesia.

Di rumah itu, ada sekitar 10 orang warga dan kerabat korban. Sekitar jam 20.00 WIB, Elpiji 3 kilogram yang digunakan untuk memasak di dapur macet atau rusak. Lantas, ibu-ibu di dapur memanggil Sokip.

Saat berupaya memperbaiki regulator elpiji, tabung elpiji melon terjatuh dengan kondisi regulator terlepas. Karena terletak di sebelah kompor gas dan 1 elpiji lainnya yang sedang digunakan untuk memasak, seketika itu api tersulut dan menyala.

Api dengan cepat membakar sekitar ruangan dapur. Seluruh orang yang berada di dalam rumah lari keluar untuk menyelamatkan diri dan berteriak meminta tolong warga sekitar lokasi kebakaran.

Warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, upaya itu gagal lantaran api cepat membesar membakar bangunan dan perabotan di dalam rumah.

Hingga akhirnya perangkat desa setrmpat menghubungi Polsek Mojoagung Jombang dan petugas PMK (pemadam kebakaran). Si jago merah berhasil dijinakkan oleh petugas pada pukul 21.30 WIB.

Akibat kejadian itu, atap rumah korban ludes terbakar. Pemilik rumah ditafsir mengalami kerugian materiil sebesar Rp50 juta. Di lokasi kejadian, diamankan barang bukti berupa 2 tabung gas elpiji serta kompor dan regulator juga puing-puing sisa kebakaran.

“Dugaan sementara sumber api kebakaran dari regulator elpiji yang terlepas pada saat terjatuh, namun kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut,” kata Kapolsek Mojoagung AKP Bambang Setyobudi.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.