oleh

Mantan Sopir Vanessa Angel dan Ratusan Napi di Jombang Terima Remisi

Jombang, Jurnal Jatim – Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setya bersama ratusan orang warga binaan Lapas Kelas IIB Jombang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mendapatkan remisi pada hari kemerdekaan 2022, Rabu (17/8/2022).

Tubagus Joddy mendekam di dalam penjara karena perkara kecelakaan lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto yang menewaskan artis Vanessa Angel dan suaminya Bibi.

Hakim saat itu memvonis Tubagus Joddy 5 tahun penjara dan di hari kemerdekaan ini dia mendapatkan pengurangan atau remisi selama 1 bulan.

Mantan sopir Vanessa Angel itu mengaku bersyukur mendapatkan pemberian remisi tersebut. Dengan begitu, vonis lima tahun penjara dari Pengadilan Negeri Jombang pun berkurang.

“Alhamdulillah saya dapat remisi pertama ini, 1 bulan remisinya. Dari hasil vonis saya 5 tahun,” kata Joddy usai menerima remisi dari Lapas Kelas IIB Jombang, Rabu, (17/8/2022).

Mantan Sopir Vanessa Angel dan Ratusan Napi di Jombang Terima Remisi

Pria yang kini berusia 25 tahun itu menyebut dirinya dalam kondisi sehat secara mental maupun fisik selama berada di dalam Lembaga Pemasangan Kelas IIB Jombang.

Ia juga sudah bisa beradaptasi dengan warga binaan lainnya di dalam lapas. Dia tidak ingin berfikir panjang dengan yang ada di luar, sebab bagi dia saat ini adalah berusaha menjalani hari-harinya di lapas setempat.

“Di sini sih alhamdulillah, kesehatan mental ku lebih gak terlalu kepikiran di luar, karena di sini banyak kegiatan juga banyak teman-teman baru, di sini lumayan terhibur. Jadi istilahnya sambil Healing gitu lah,” ujarnya.

Kepada pihak keluarga dan kerabatnya, Joddy berpesan agar tidak perlu khawatir kepada dirinya. Sebab, kembali ditegaskan dia bahwa dirinya kondisinya baik dan sehat.

“Saya di sini alhamdulillah sehat walafiat, secara mental maupun fisik. Jadi ya gak ada yang perlu dikhawatirkan untuk keluarga dan kerabat,” ujarnya.

Sementara, Kepala Lapas Jombang Mahendra Sulaksana mengatakan, total ada sebanyak 293 warga binaan yang mendapat remisi di hari kemerdekaan ini. Rata-rata narapidana mendapatkan pengurangan masa tahanan 1 sampai 6 bulan.

Dikatakan Mahendra, dari jumlah tersebut, lima orang di antaranya mendapatkan remisi bebas. Kelimanya bebas dari penjara karena masa hukuman perkara pidana umum telah habis setelah menerima remisi.

“Lima orang (remisi) langsung bebas per hari ini. Narapidana yang bebas berperkara pidana umum. Pemberian remisi ini sebagai stimulus bagi narapidana yang berkelakuan baik dan berperan aktif dalam program pembinaan,” katanya.

Pantauan Jurnaljatim.com, surat remisi bebas kelima Napi diserahkan Kepala Kejaksaan Negeri Jombang Tengku Firdaus disaksikan oleh Bupati Mundjidah Wahab dan jajaran Forpimda setempat.

Setelah menerima surat remisi bebas, kelima napi sujud syukur di dalam lapas disaksikan oleh Kepala Lapas Jombang. Mereka berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.