Kebakaran Kandang Sapi di Lengkong Nganjuk, Penyebabnya Ini

, Jurnal Jatim -Pembakaran sampah yang ditinggalkan oleh peternak merembet membakar bangunan kandang di Dusun Jerukwangi, Desa Banjardowo, Kecamatan Lengkong, , .

Unit Pemadam Kebakaran () Nganjuk berhasil memadamkan milik warga Jaenuri (40) sehingga api tidak merembet ke pemukiman sekitarnya.

Tidak ada laporan korban jiwa maupun luka dalam insiden tersebut, namun kerugian yang dialami oleh pemilik ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

“Penyebab kebakaran diduga akibat pembakaran sampah atau perapian (diang),” kata Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Nganjuk, Sujito, Kamis (4/8/2022).

Kandang sapi milik Jaenuri yang ada Dusun Jerukwangi, Desa Banjardowo itu kini ludes . Peristiwa kebakaran itu dilaporkan ke petugas Damkar sekitar pukul 19.48 WIB.

Sebelum peristiwa itu terjadi, diduga pemilik kandang sapi melakukan perapian di sekitar lokasi kandang lalu ditinggal ke rumah.

Tak lama kobaran api membesar. Awalnya dilakukan pemadaman api secara manual. Api dengan cepat membakar bahan material dan tumpukan yang mudah terbakar. Kebakaran kemudian dilaporkan ke Damkar Nganjuk.

Beruntung petugas Damkar dengan cepat memadamkan sumber api sehingga tidak merembet ke permukiman warga lainnya yang dekat dengan lokasi kandang.

“Dampak atau kerugian 1 kandang sapi dan kerugian materil diperkirakan Rp10 juta,” kata Sujito dalam keterangannya.

Sebagai antisipasi timbulnya api lagi, petugas melakukan pembasahan di sekitar lokasi kandang. Setelah situasi aman dan kondusif, petugas meninggalkan lokasi kebakaran.

Dapatkan update berita menarik hanya di , Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.